Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Program Hamil untuk Pengantin Baru Rekomendasi SPOG

Program Hamil untuk Pengantin Baru Rekomendasi SPOG
Program Hamil untuk Pengantin Baru Rekomendasi SPOG

Program Hamil untuk Pengantin Baru

Kali ini saya akan menceritakan program hamil untuk pengantin baru berdasarkan pengalaman saya sekaligus rekomendasi program dari SPOG yaitu dr. Marinda Suzanta,, D.Mas., F.ART, Sp.OG (K-Fer).

Menurut saya hal ini penting untuk diceritakan agar menjadi sumber pengetahuan bagi setiap pasangan suami istri yang sedang melaksanakan program hamil. Karena seperti yang kita ketahui, proses kehamilan setiap perempuan adalah sebuah proses biologis yang khas dan unik karena setiap perempuan hamil memiliki pengalaman yang berbeda.

Program Hamil Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Sebelum saya menceritakan program hamil untuk pengantin baru sesuai dengan anjuran atau rekomendasi dokter kandungan, saya akan menceritakan sedikit apa saja yang saya lakukan untuk menyukseskan perencanaan kehamilan sehat anak pertama saya bersama suami.

Mengonsumsi Asupan Bernutrisi

Pertama yang kami lakukan saat melakukan program hamil untuk pengantin baru adalah mengonsumsi asupan yang bernutrisi. Selain saya mengonsumsi asam folat, suami juga mengonsumsi kecambah dan kacang-kacangan.

Tinggal Satu Atap

Kedua, program hamil untuk pengantin baru yang kami lakukan adalah tinggal satu atap. Yap, karena sebelumnya saya bekerja di Jakarta dan suami di Magelang, maka selang 3 bulan pasca resepsi pernikahan, saya pun resign dan memutuskan untuk tinggal bersama suami di Magelang. Alhamdulillah 3 bulan kemudian, kami dianugerahi proses kehamilan yang baik hingga saat ini si kecil sudah berusia hampir 5 tahun.

Berusaha, Berdoa dan Bertawakkal

Program hamil untuk pengantin baru yang ketiga adalah berdoa dan memantaskan diri karena hakikatnya anak adalah amanah, rejeki, sekaligus ujian dari Allah SWT. Tanpa ada kuasa Allah dan memohon kepada-Nya tentu mau usaha sejumpalitan apapun jika ia tidak memberikan kuasa-Nya maka hal tersebut tidak akan terjadi pada kita.

Program Hamil untuk Pengantin Baru Rekomendasi SPOG

Nah, setelah tiga program hamil untuk pengantin baru di atas, ada pula program hamil yang bisa diterapkan berdasarkan rekomendasi dokter kandungan dan ini pun saya lakukan bersama pasangan.

Rutin Berolahraga

Menurut dr. Marinda Suzanta seorang dokter yang juga seorang Konsultan Fertilitas di fertility center RS EMC, program hamil untuk pengantin baru yang dapat dilakukan adalah berolahraga. Mengapa?

Hal ini disebabkan, jika pasangan sudah menikah selama satu tahun namun belum diamanahi keturunan, maka artinya ada kemungkinan salah satu atau pasangan suami istri tersebut mengalami infertilitas atau gangguan kesuburan.

Dengan berolah raga, maka massa indeks tubuh pasangan suami istri yang sedang merencanakan program hamil akan diatur mencapai rentang ideal berat badan oleh dokter kandungan sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan keberhasilan program hamil untuk pengantin baru.

Saat program hamil ini nantinya menghasilkan keberhasilan dengan hadirnya janin di rahim, saat hamil pun ibu hamil tetap bisa berolahraga sesuai dengan anjuran olahraga untuk ibu hamil dari dokter kandungan maupun provider kesehatan.

Menghindari Stress

Selanjutnya yang perlu dilakukan saat melakukan program hamil untuk pengantin baru berdasarkan rekomendasi dokter kandungan adalah pasangan sebisa mungkin menghindari stress agar program kehamilan dapat berjalan dengan maksimal.

Saya sendiri melakukan hal ini dengan cara resign agar fokus dengan kehidupan rumah tangga. Tetapi tentu, ada banyak sekali penyebab stress sehingga perlu kita cari akar permasalahannya, apakah itu berada di internal keluarga atau sebaliknya.

Sehingga cara meminimalisir stress lainnya bisa dengan berlibur, honeymoon, journaling, melakukan aktivitas yang disukai ataupun hal lainnya yang menurut kita sangat berperan penting untuk menurunkan tingkat stress yang terjadi di kehidupan kita.

Program Hamil di Rumah Sakit

Terakhir jika program hamil untuk pengantin baru ini dan usaha promil lainnya masih belum berhasil, program hamil bayi tabung bisa direncakan di rumah sakit bayi tabung terbaik salah satunya ada di RS EMC sebagai referensi rumah sakit untuk program hamil/pemeriksaan fertilitas.

Pelayanan Promil di RS EMC

Di RS EMC, terdapat beberapa kondisi yang dapat dilayani terkait program hamil yaitu konsultasi kesuburan, endometriosis (Kista Coklat), gangguan hormonal, gangguan menstruasi, permasalahan seksologi, keguguran berulang (Recurrent Pregnancy Loss), menopause, masalah kontrasepsi dengan beberapa pelayanan antara lain Minimal Access Surgery (Laparoskopi & Histeroskopi), Pemeriksaan Analisa Sperma, Inseminasi sperma. Operasi kelainan ginekologi.

Itu dia program hamil untuk pengantin baru rekomendasi SPOG. Jika teman-teman berminat untuk mengetahui biaya konsultasi program hamil di RS EMC, dapat menghubungi nomor 021-29779977 di bagian informasi dan pendaftaran. Sekian, semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Program Hamil untuk Pengantin Baru Rekomendasi SPOG"