Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Memasang Google Adsense di Website dan Cuan Lebih Cepat

Cara Memasang Google Adsense di Website dan Cuan Lebih Cepat
Cara Memasang Google Adsense di Website dan Cuan Lebih Cepat

Cara Memasang Google Adsense di Website

Sebagai blogger amatir, dapat berhasil memasang Google Adsense di website adalah kesenangan tersendiri bagi saya. Blog ini dibuat saat saya masih masuk di kelas Takhasus. Tahun 2009/2010 saya lupa. Itu pun untuk tugas sekolah.

Akhirnya saya baru membuat blog ini menjadi blog berdomain tld sejak tahun 2019. Saat anak pertama saya lahir. Motivasinya sih agar rajin menulis milestone si kecil, jadi berbayar pun tidak masalah.

Tapi saya berhasil membuat milestone tentang tulisannya dengan tema Surat Cinta untuk Kafabillah yang kini sudah ada lebih dari 60 postingan parenting, ibu hamil dan bayi. Walaupun menulisnya penuh perjuangan melawan malas dan banyak faktor lainnya.

Cara Mendaftar Google Adsense di Website

Kemudian sejak 2019 blog ini sudah saya daftarkan untuk bisa dimonetisasi melalui Google Adsense. Tapi namanya pemula, saya tidak tahu cara memasang Google Adsense di Website dengan tepat.

Iya sih terpasang, tapi konfirmasinya selalu berujung penolakan hingga akhirnya 8 September 2020 website ini berhasil terkonfirmasi dapat terpasang Google Adsense. Artinya, sudah sekian ratus artikel dan sudah satu tahun lamanya, baru blog ini dapat terpasang Google Adsense. Belum sampai di sana up and downnya.

Selama terpasang Google Adsense, baru di tahun 2022 saya dapat mendulang hasil dari pundi-pundi rupiah Google Adsense. Artinya selama 2 tahun saya baru berhasil mendapatkan hasilnya. Tetapi setelah saya berguru kepada Mas Alex Alfand secara cuma-cuma, terima kasih mas Alex. Saya jadi tahu kesalahan saya ada dimana.

Sehingga di tahun berikutnya, tidak selama 2 tahun seperti sebelumnya. 1,5 tahun berikutnya Agustus 2023 saya berhasil kembali mendulang pundi rupiah dari Google Adsense.

Memang masih membutuhkan lama, ibarat bonus tahunan, tapi lebih maju setengah tahun daripada tidak sama sekali. Saat rentang itu pula, saya mencoba untuk mendaftar di website yang baru dengan menerapkan ilmu yang telah diajarkan oleh Mas Alex.

Cara Memasag Google Adsense di Website dan Cuan Lebih Cepat

Website yang saya kelola umurnya belum genap satu tahun, dan hanya dengan 30-an artikel akhirnya berhasil tembus Google Adsense berikutnya. Berikut adalah rahasianya:

Cara memasang Google Adsense di website sebetulnya mudah. Kita tinggal mengikuti syarat dan ketentuan kelayakan Google Adsense. Saya pernah mengulasnya di sini. Tetapi agar kita bisa cuan lebih cepat, penerapan seo on page saja tidak cukup. Ada tools yang harus kita gunakan agar monetisasi lebih cepat.

Kata Kunci ber CPC

Dari sekian banyak tools dan cara yang telah diajarkan oleh Mas Alex, ada dua tools krusial yang dapat membuat proses adsense dapat cuan lebih cepat dan sering saya gunakan. Pertama, artikel yang kita tulis haruslah mengandung kata kunci bercpc atau cost per click.

Correct me if I am wrong, ibarat papan pengiklan, website kita adalah papannya yang biaya jasa iklannya masuk ke dalam Google Adsense. Sedang wadah pengiklannya adalah Google Ads yang apabila kata kunci tertentu dimasukkan ke dalam artikel akan mengandung biaya per klik aktual atau cost per click actual.

Biaya tersebut nantinya akan dibayar oleh si pengiklan melalui Google Ads dan masuk ke Google Adsense kita. Kurang lebih seperti itu. Nah, cara kita mengetahui apakah suatu kata kunci mengandung nilai cpc atau tidak, itu ada toolsnya.

Memasang Ekstensi Whatsmyserp

Ada beragam tools tapi yang paling sering saya gunakan sejak tahun 2021 adalah Whatsmyserp. Tools ini akan membantu kita untuk menemukan kata kunci yang memiliki biaya iklan per klik dan volume pencarian selama satu bulan secara gratis.

Cara memasang ekstensi ini mudah. Kita cukup mengakses chrome web store lalu pada kolom pencarian ketik Whatsmyserp. Lalu ada pilihan tambahkan ke chrome dan klik maka akan muncul add extension dan klik. Lalu setelah terpasang jangan lupa login dengan email yang sama dengan Google Chrome yang kita gunakan ya.

Memasang Ekstensi SEO Quake

Selanjutnya tools yang kedua adalah SEO Quake. Cara memasang ekstensi ini juga mudah seperti memasang tools yang sebelumnya. Kegunaan tools ini adalah untuk mengetahui seberapa sulit kata kunci bernilai biaya iklan per klik yang akan kita tulis.

Biasanya akan muncul persentasenya. Semakin rendah nilai persentasenya, maka akan berpeluang untuk artikel kita berada di peringkat awal di halaman pencarian Google.

Konsisten Membuat Artikel

Nah, setelah mengetahui dua tools ini, langkah selanjutnya adalah konsisten menulis artikel dengan kata kunci ber cpc. Semakin banyak artikel yang diproduksi, akan semakin cepat kita mendulang cuan dari Google Adsense.

Mungkin sekian sharing saya kali ini tentang cara memasang Google Adsense di website. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Kalau sudah membaca tulisan ini tapi belum memiliki blog, bisa memulai membuatnya dengan tahapan-tahapan di sini.

Tulisan di artikel ini saya dedikasikan untuk Mas Alex dan teman-teman ICC yang berhasil konsisten menulis 10 kw bercpc dalam project Eco 3DOP ICC.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Google Adsense di Website dan Cuan Lebih Cepat"