Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya

Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya
Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya

Cedera Olahraga

Seperti yang kita ketahui, berolahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan olahraga menjadi gaya hidup sehat yang perlu diterapkan secara rutin untuk meminimalisir penyakit tidak menular maupun menular dan juga memperpanjang usia karena membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya

Namun siapa sangka, ada jenis olahraga yang justru dapat menimbulkan cedera olahraga karena mungkin kita menerapkan gerakan yang salah saat berolahraga. Ada beberapa cedera olahraga yang perlu diwaspadai dan cara menanganinya jika hal tersebut terjadi.

Berikut adalah ragam jenis cedera olahraga yang kerap terjadi:

Cedera pada Bagian Pergelangan Kaki

Cedera olahraga yang pertama adalah terkilir atau cedera pada bagian pergelangan kaki. Istilah lainnya adalah keseleo. Cedera olahraga ini biasanya terjadi ketika jogging, latihan peregangan, dan melompat.

Terkilir dapat terjadi karena adanya robekan pada ligamen pergelangan kaki, tendon atau otot. Kita bisa menghindari cedera olahraga ini dengan cara melakukan latihan fleksibilitas serta keseimbangan.

Cedera pada Lutut

Cedera olahraga yang kedua adalah cedera lutut yang kerap terjadi saat harus mengandalkan lutut untuk menjadi tumpuan saat sedang melakukan olahraga lari, sepak bola, dan voli. Cedera ini cukup menyiksa karena rasa sakitnya begitu terasa.

Cara penanganan pada pertolongan pertama saat terjadi cedera olahraga dibagian lutut adalah dengan mengompres bagian yang cedera menggunakan es dan sementara waktu menghindari aktivitas berat agar dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Cedera pada Bahu

Cedera olahraga yang ketiga ini biasanya terjadi perobekan atau pembengkakan diakibatkan adanya pergerakan pada sendi bahu yang berlebihan. Umumnya cedera ini terjadi saat berolahraga yang melakukan gerakan bahu berulang seperti renang, tenis, dan golf.

Cara pencegahan agar terhindar dari cedera olahraga dibagian bahu adalah dengan melakukan latihan penguatan otot dan fleksibilitas pada bahu, punggung atas, dan inti tubuh.

Cedera pada Tulang Kering

Cedera olahraga selanjutnya adalah cedera tulang kering. Cedera ini mengakibatkan peradangan pada otot karena adanya peningkatan intensitas aktivitas fisik secara tiba-tiba. Biasanya cedera olahraga ini terjadi saat melakukan olahraga lari, basket, dan sepak bola yang ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tulang kering dan otot.

Cara penanganan pertolongan pertama pada cedera tulang kering ini adalah dengan mengompres bagian yang cedera menggunakan es serta mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Cedera pada Pinggang

Cedera olahraga yang terakhir pada ulasan kali ini adalah cedera pinggang yang disebabkan karena otot terlalu tegang atau terjadi perobekan hingga saraf terjepit. Aktivitas rawan yang dapat menyebabkan cedera pinggang adalah saat melakukan olahraga golf, bersepeda, dan angkat beban.

Namun cedera olahraga ini dapat dicegah dengan cara melakukan peregangan rutin dan penguatan otot tulang belakang dengan pemanasan sebelum latihan fisik.

Apabila cedera olahraga ini terjadi, segera kompres bagian tubuh yang terasa nyeri dengan menggunakan es, melakukan pembebatan atau menekan daerah yang cedera dengan elastic bandage, serta mengangkat bagian yang nyeri ke posisi di atas jantung.

Baca juga: 10 Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita

Cedera pinggang sangat membahayakan karena dapat membuat penderitanya lumpuh sebagian dan harus segera ditangani oleh tenaga medis spesialis ortopedi maupun tenaga kesehatan yang kapabel.  

Setelah mendapatkan pertolongan pertama akibat cedera olahraga, sebaiknya segera ke fasilitas kesehatan terdekat yang menyediakan layanan terpadu dan komprehensif seperti RS EMC yang menjadi referensi rumah sakit untuk perawatan sports injury/cedera olahraga.

Demikian ulasan tentang Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya kali ini. Semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya"