Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi
Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Kembung pada bayi bisa dipicu oleh berbagai faktor, misalnya karena pencernaan yang kurang lancar, kelebihan susu yang dikonsumsi dan sebagainya. Sering kali hal ini membuat si kecil menjadi rewel dan pastinya mama sendiri yang bingung.

Untuk itu penting mengetahui cara mengatasi kembung pada bayi yang benar, sehingga masalah tersebut bisa diredakan dengan cepat. Karena jika tidak segera diatasi bisa jadi masalah atau efek yang ditimbulkan nantinya menjadi lebih kompleks atau membahayakan mereka.

Sedangkan terkadang mama sendiri juga khawatir jika seandainya memberikan produk obat-obatan secara sembarangan akan membahagiakan si kecil.

Karena di usia yang masih dini kemampuan organ-organ tubuh mereka juga masih kurang untuk mencerna obat-obatan, salah-salah justru bisa memicu terjadinya kerusakan ginjal.

Pastinya tidak ingin hal tersebut sampai terjadi kepada buah hati bukan, untuk itu dahulukan langkah atau cara alami untuk mengatasinya, agar tidak semakin parah.

Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Dengan Alami

Berikut ini diantaranya ada beberapa cara mengatasi kembung pada bayi dengan alami yang dapat mama coba, yaitu:

Menggerakkan Kaki Bayi

1. Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang pertama adalah gerakkan kaki bayi dengan pola melingkar, agar perut kembungnya bisa teratasi maka coba melakukan gerakan ini, yaitu pastikan si kecil dalam posisi berbaring, setelah itu angkat kakinya dengan lutut yang ditekuk.

Mama bisa menggerakkan kaki tersebut dengan pola yang melingkar. Langkah ini akan membantu untuk mengeluarkan gas yang terperangkap di dalam perut bayi, sehingga si kecil akan lebih lega.

Mengangkat Kepala Bayi

2. Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang kedua adalah mengangkat kepala bayi, cobalah untuk memposisikan agar kepala bisa lebih tinggi dibandingkan dengan perut.

Caranya tak lain adalah dengan segera mengangkat kepala bayi, hal ini akan membantu mereka untuk bersendawa, namun pastikan lakukan hal tersebut dengan perlahan sehingga buah hati juga tidak kaget dan justru bertambah rewel.

Menggendong dengan Tangan Telungkup

3. Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang ketiga adalah menggendong dengan tangan telungkup, cara yang lainnya bisa dengan menggendong mereka, namun perhatikan posisi tangan, yaitu gendonglah mereka di bagian lengan dan telungkupkan.

Langkah ini nantinya akan berguna untuk membantu mereka bersendawa dan mengeluarkan angin. Saat menggendong maka pastikan juga bahwa wajah serta hidung si kecil juga tidak tertutup.

Tummy Time

4. Tummy time, ini adalah latihan yang dilakukan untuk tengkurap, banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan tummy time ini, termasuk diantaranya adalah membantu si kecil agar bisa bersendawa atau mengeluarkan gas dari perutnya. Namun lakukan secara perlahan saja agar si kecil bisa tetap rileks.

Mengusap Punggung dan Perut Bayi

5. Usap punggung serta perut bayi, mama juga bisa membantu meredakan perut kembung si kecil dengan cara mengusap bagian perut serta punggung mereka, posisinya adalah secara tertelungkup.

Usapan yang dilakukan pada area perut ini sebaiknya berlawanan dengan arah jarum jam, sehingga akan membantu pergerakan gas yang terperangkap di dalam perut si kecil agar bisa segera dikeluarkan. Cara ini juga membantu untuk meningkatkan kedekatan antara orang tua dengan si kecil.

Menggunakan Telon

6. Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang terakhir adalah menggunakan telon oil, mama juga bisa menggunakan minyak telon khusus untuk bayi, seperti diantaranya adalah produk dari Sleek Baby, yaitu Sleek Baby telon oil.

Diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang membantu untuk menjaga kehangatan suhu tubuh si kecil serta aman untuk kulit mereka yang sensitif.

Baca juga: Apa itu ruam popok?

Usapkan minyak telon ini di bagian perut dengan gerakan yang melingkar berlawanan arah jarum jam, bisa juga dipakaikan pada punggung hingga seluruh badan agar si kecil lebih hangat.

Jika seandainya cara mengatasi kembung pada bayi di atas tidak kunjung membuahkan hasil, serta muncul beberapa gejala lain seperti diare bahkan juga muntah-muntah maka sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Baca juga: Baby Telon Cream

Bisa jadi ini bukan sekedar kembung biasa, melainkan gangguan kesehatan yang lebih serius seperti infeksi kuman atau bakteri hingga keracunan.

Penting bagi para orang tua untuk memberikan yang terbaik kepada buah hatinya, sehingga tidak sampai terjadi masalah, termasuk diantaranya dalam perawatan si kecil.

Hanya gunakan produk yang diformulasikan khusus dan aman untuk bayi, seperti diantaranya adalah Sleek Baby, tersedia beragam produk perawatan mulai dari detergen, sabun pencuci peralatan bayi, minyak telon dan sebagainya. Untuk di kecil tidak boleh sembarangan.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Tradisional Mengatasi Perut Kembung pada Bayi"