Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Asuransi Jiwa Syariah, Ini Dia Cara Membelinya yang Benar

Asuransi Jiwa Syariah, Ini Dia Cara Membelinya yang Benar
Asuransi Jiwa Syariah, Ini Dia Cara Membelinya yang Benar

Asuransi Jiwa Syariah

Resiko dalam hidup ini ada banyak, mulai dari yang paling sering dialami adalah jatuh sakit, mengalami kecelakaan sampai dengan resiko kematian yang pastinya bisa terjadi pada siapa saja.

Antisipasi berbagai resiko tersebut maka penting bagi Anda untuk mulai menyiapkan perlindungan atau proteksi, diantaranya adalah memakai produk asuransi. Sekarang ini ada yang baru, yaitu layanan asuransi online syariah maupun asuransi online konvensional.

Di Indonesia sendiri selain hadirnya produk asuransi konvensional, maka Anda juga dapat menjumpai yang lain yaitu asuransi syariah, yaitu produk asuransi yang mengedepankan pengelolaan berbasis syariat sehingga dijamin halal.

Begini Cara Beli Asuransi Online Syariah Yang Benar

Apalagi dengan segmennya secara khusus adalah para muslim, di Indonesia ini mayoritas masyarakatnya adalah pemeluk agama Islam, sehingga bukan hal yang baru lagi jika lebih memilih produk keuangan yang halal, termasuk juga dalam hal proteksi yaitu asuransi.

Sedangkan untuk asuransi syariah merupakan sebuah inovasi terbaru, dimana Anda bisa mendapatkan produk asuransi syariah, namun lewat layanan berbasis digital. Ada beberapa nama perusahaan penerbit yang sudah terkenal di Indonesia, bisa menjadi salah satu pertimbangan terbaik untuk Anda gunakan. 

Tata Cara Pembelian Asuransi Jiwa Syariah

Namun di dalam pembelian produknya juga harus selektif, apalagi dengan maraknya kasus penipuan asuransi yang berkedok produk digital. Berikut ini diantaranya cara untuk beli asuransi online syariah yang benar, yaitu:

1. Perbanyak referensi Anda, yaitu dengan mencari informasi mengenai produk asuransi yang diinginkan, karena dengan begitu banyaknya pilihan, terkadang banyak yang terlena dan asal dalam menjatuhkan pilihan, padahal belum tentu semuanya bagus.

Konsumen yang cerdas akan membanding-bandingkan terlebih dahulu tawaran antara satu produk dengan yang lain. Tentunya dengan melihat kelebihan dan kelemahannya masing-masing, agar menemukan yang terbaik.

2. Akses website resmi perusahaan asuransi tersebut, bahkan untuk asuransi digital atau online sekarang ii mudah jika seandainya ingin daftar atau membeli produknya, yaitu tidak perlu kemana-mana, dapat dilakukan melalui gawai Anda, akses atau buka saja website resmi perusahaan yang menerbitkan produknya.

Disana pastinya juga ada layanan simulasi, bisa cek terlebih dahulu untuk melihat perkiraan manfaat yang diinginkan sekaligus juga premi yang sanggup dibayarkan setiap bulan.

3. Lengkapi dokumen yang diminta, kelengkapan dokumen sendiri pada dasarnya merupakan sebuah syarat dasar yang harus dipenuhi oleh calon nasabah asuransi. Karena sekalipun apply atau pendaftaran dilakukan secara online.

Namun pada dasarnya data yang masuk harus sesuai atau valid, penting untuk menggunakan data diri Anda yang benar, sebelum nantinya dijadikan sebagai syarat untuk pengajuan, karena hal ini akan berhubungan dengan prosedur klaim asuransi tersebut.

4. Isi formulir yang diminta, lewat dokumen atau data yang sudah Anda bawa, maka nantinya bisa dengan mulai melakukan pengisian formulir untuk apply asuransi jiwa syariah tersebut. dalam pengisian form ini bentuknya juga online dan sudah tersambung secara otomatis, pastikan untuk lebih teliti sehingga nantinya data yang dimasukkan tersebut bisa sesuai, tidak ada yang kurang.

5. Nantinya perusahaan akan memproses permintaan Anda, termasuk juga melakukan survey kelayakan, apakah memang bisa diterima atau tidak sebagai peserta asuransi. Karena tidak ada jaminan nantinya perusahaan sudah pasti akan approve permintaan pembelian, apalagi jika resiko yang dimiliki oleh calon pemohon ini banyak dan tidak memungkinkan lagi.

6. Jika permintaan apply Anda disetujui, maka nantinya perusahaan akan segera mengirimkan polis kepada peserta, ingat bahwa polis asuransi jiwa syariah ini tidak langsung bisa dipakai, melainkan ada masa tunggunya terlebih dahulu.

Jika sudah mendapatkan polis maka kewajiban Anda sebagai peserta asuransi adalah harus membayar kewajiban atas premi. Besaran premi ini bisa berbeda masing-masing orang, karena tergantung dari pilihan Anda sebelumnya. Bayarkan kewajiban atas kontribusi Anda.

Mudah bukan beli asuransi online syariah, apalagi jika Anda membeli produk dari I Love Life, potensi untuk mendapatkan manfaat pertanggungjawaban hingga 2 miliar rupiah. 

Menariknya lagi beli asuransi I Love Life ini tanpa syarat wajib melakukan medical checkup, sehingga besar kemungkinan akan langsung approve. Preminya juga fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing peserta.

Sumber : https://ilovelife.co.id/products/asuransi-jiwa-syariah

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Asuransi Jiwa Syariah, Ini Dia Cara Membelinya yang Benar"