Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Beragam Program Pelatihan Kerja Bersertifikat Untuk Karyawan

Beragam Program Pelatihan Kerja Bersertifikat Untuk Karyawan
Beragam Program Pelatihan Kerja Bersertifikat Untuk Karyawan

Beragam Program Pelatihan Kerja Bersertifikat Untuk Karyawan

Pelatihan kerja pada dasarnya merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan serta meningkatkan ilmu, serta mengembangkan kompetensi seseorang. 

Dimana pada dasarnya kegiatan yang satu ini dapat diikuti oleh siapa saja, baik itu yang masih dalam tahap mencari kerja, maupun juga bagi yang sudah bekerja atau seorang karyawan. Sudah tersedia banyak program pelatihan kerja bersertifikat yang dapat diikuti, sistemnya memang tidak selalu personal, melainkan juga ada yang kelompok.

Sebut saja di dalam sebuah perusahaan pastinya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan kegiatan pelatihan rutin yang diadakan, biasanya ada yang ditujukan untuk para karyawan baru, maupun juga untuk SDM lama, tujuannya agar sumber daya manusia tersebut bisa terus ikut berkembang. 

Karena sejalan dengan perkembangan zaman, maka sistem yang ada di dunia kerja ini juga senantiasa mengalami perubahan dan jika seandainya tidak ikut tanggap pasti akan membuat karyawan semakin tertinggal, hal ini ternyata juga memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perusahaan tersebut.

Jadi sebenarnya perusahaan yang mengharuskan karyawan mereka untuk ikut pelatihan termasuk investasi untuk mereka sendiri, karena depannya hasil atau efeknya juga akan dirasakan oleh perusahaan tersebut. 

Jika skill karyawan bertambah maka akan mempengaruhi produktivitas yang pastinya akan semakin meningkat bukan. Tak jarang juga diantaranya yang mengikutkan pelatihan pada lembaga-lembaga bagus, meskipun mungkin tarif pelatihannya sendiri relatif mahal dibandingkan dengan yang lain.

Ada beragam program pelatihan kerja bersertifikat yang dapat diikuti oleh para karyawan, diantaranya adalah:

1. Skills training

Pelatihan yang satu ini fokusnya adalah untuk meningkatkan atau menambah keterampilan yang dimiliki. Biasanya untuk jenis pelatihan yang satu ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dari individu tersebut.

Sehingga sebelumnya akan dilakukan tahap penilaian terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan serta kelemahan mereka, serta jenis pelatihan apa yang cocok bagi karyawan tersebut, programnya memang sengaja disusun sedemikian rupa agar lebih tepat sasaran.

2. Retraining

Pelatihan retraining sesuai dengan namanya memang ditujukan untuk pelatihan ulang, dimana peserta pelatihan nantinya akan diberikan materi yang mungkin sama dengan pelatihan sebelumnya, namun inovasinya berbeda.

Hal ini ditujukan untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, karena tuntutan dari waktu ke waktu juga senantiasa meningkat. Contohnya adalah pelatihan bagi karyawan untuk menggunakan aplikasi konferensi online, karena di era pandemi banyak yang bekerja dengan sistem WFH.

3. Creativity training

Sebuah pelatihan yang menekankan untuk mengasah kreativitas. Di zaman sekarang ini kreativitas memang sangat dibutuhkan untuk bisa terus maju atau berkembang. 

Nantinya setiap peserta akan diberikan kebebasan di dalam mengutarakan gagasannya, namun juga secara lebih rasional. Mengasah kreativitas sangat penting, apalagi untuk individu yang bekerja di bidang yang satu ini, sehingga nantinya bisa terus berinovasi menciptakan berbagai hal baru.

4. Cross functional training

Tidak semua perusahaan akan memberikan pelatihan semacam ini, karena mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama juga bagi SDM mereka untuk mengerti, pelatihan tersebut adalah jenis yang lintas bidang. Dimana karyawan yang biasanya bekerja atau menjalankan tugas di satu bidang tertentu nantinya akan dialihkan untuk mengerjakan tugas di bidang lain yang mungkin agak berbeda dengan sebelumnya.

5. Team training

Pelatihan yang satu ini sifatnya memang tidak perorangan melainkan lebih kepada kelompok atau team, apalagi di dalam sebuah perusahaan memang terkadang ada tuntutan bekerja bukan secara individu saja, melainkan juga harus bekerja secara berkelompok dengan orang lain, guna mendapatkan hasil yang optimal tentunya kemampuan dalam menjalankan tugas kelompok ini juga harus senantiasa diasah bukan.

Ada banyak memang jenis program pelatihan kerja bersertifikat untuk karyawan. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan tersebut. Terlepas dari itu sebenarnya memang sangat penting bagi siapa saja untuk memilih lembaga pelatihan yang bagus, sehingga nantinya tidak akan menyesal. 

Carilah yang paling tidak sudah berpengalaman dan juga punya banyak pilihan program yang sesuai kebutuhan, seperti diantaranya adalah dari Prasmul-ELI, mulai dari short program sampai dengan seasonal ada.

Posting Komentar untuk "Beragam Program Pelatihan Kerja Bersertifikat Untuk Karyawan"