Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja: Farmasi

Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja: Farmasi
Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja: Farmasi

Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja

Sebagai alumni jurusan kesehatan, menurut saya ada beberapa jurusan kesehatan yang banyak peluang kerja dan populer di Indonesia. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 hadir di tahun 2020, alumni jurusan kesehatan tentunya menjadi bagian yang berperan penting dalam memutus virus yang mematikan. Sehingga tenaga kesehatan banyak dibutuhkan saat itu.

Ada banyak sekali jurusan kesehatan, namun jurusan kesehatan yang banyak peluang kerja di Indonesia tidak lah terlalu banyak. Salah satu jurusan kesehatan yang banyak peluang kerja adalah jurusan Farmasi.

Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi sebagai jurusan yang mempelajari struktur senyawa dan obat-obatan. Meski begitu, faktanya mahasiswa jurusan Farmasi tidak hanya mempelajari tentang obat-obatan tetapi juga suplemen makanan dan kosmetik. Mulai dari krim wajah, krim tubuh, tabir surya dan lain sebagainya dapat diformulasikan oleh alumni mahasiswa jurusan Farmasi.

Skill ini tentunya membuat mahasiswa jurusan Farmasi tidak hanya harus menguasai teori tetapi juga keahlian khusus ketika di laboratorium. Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurusan Farmasi sebagian waktunya kebanyakan berada di laboratorium untuk bereksperimen.

Oleh karenanya, ketika masa perkuliahan, mahasiswa jurusan Farmasi harus terbiasa berteman dengan ketelitian, ketekunan dan tekad yang kuat. Karena ketika telah memasuki dunia pekerjaan, sangat berbahaya jika terjadi kesalahan dalam bereksperimen di laboratorium karena dapat membahayakan kesehatan bagi banyak orang termasuk diri sendiri.

Apalagi ketika di laboratorium biasanya mahasiswa jurusan Farmasi melakukan praktikum secara berkelompok. Selain dikarenakan banyaknya modul pelatihan kerja, juga keterbatasan sarana pra sarana di laboratorium yang tidak memungkinkan setiap mahasiswanya untuk praktikum secara individu.

Namun praktikum berkelompok pun dapat mengajarkan mahasiswa jurusan Farmasi untuk dapat bekerja sama dengan orang lain yang kelak akan bermanfaat di dunia kerja.

Tidak sampai di situ, setelah teori dan praktikum, tentunya ada laporan yang harus diselesaikan sehingga mau tidak mau waktu beristirahat pun tentunya berkurang karena hal ini. Meski begitu, hal tersebut memang lah proses yang harus dilalui oleh mahasiswa jurusan Farmasi agar dapat menjadi ahli dibidangnya.

Peluang Kerja untuk Jurusan Farmasi

Nah, saat ini selain dapat bekerja sebagai tenaga kefarmasian di perusahaan swasta, rumah sakit negeri maupun swasta dan puskesmas. Alumni jurusan Farmasi juga dapat menjadi tenaga pendidik dan peneliti akademik baik melalui lembaga ataupun individual seperti health educator sebagai content creator.

Selain itu, alumni jurusan Farmasi juga dapat menjadi ahli kecantikan, konsultan farmasi, farmasi regulasi, dan industri teknologi kesehatan maupun industri farmasi mulai dari penelitian, pengembangan, dan produksi obat-obatan seperti riset dan pengembangan obat, manufaktur, pengujian klinis, hingga pemasaran obat. 

Selain itu alumni jurusan farmasi dapat menjadi pengusaha dibidang kesehatan lainnya seperti membuka apotek. Namun untuk menjadi apoteker, sarjjana farmasi harus belajar kembali pada program pendidikan apoteker profesional yang berlangsung selama satu tahun atau dua semester.

Definisi apotek berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Apoteker adalah istilah keprofesian untuk alumni jurusan Farmasi yang telah mengambil program pendidikan pasca lulus S1.

Sama halnya dengan berbagai jurusan kesehatan yang memiliki organisasi profesi, apoteker juga memiliki organisasi profesi yang dikenal sebagai PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dan dibentuk pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta. 

Saat ini PAFI dapat ditemukan diberbagai wilayah termasuk Pafi Lhokseumawe yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat, Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh 24355. Pafi Lhokseumawe juga memiliki situs yang dapat diakses oleh seluruh anggota PAFI melalui situs https://pafilhokseumawe.org/ .

Nah itu dia ulasan tentang jurusan Farmasi sebagai Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja. Jika ada kekeliruan terkait substansi, mohon saya diinfokan di kolom komentar atau via email yang tertera pada blog ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja: Farmasi"