Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mandi Pagi dan Cerita Keberkahan di Hari Jum'at

Manfaat Mandi Pagi di Hari Jum'at
Manfaat Mandi Pagi di Hari Jum'at

Sunnah Yang di Lakukan di Hari Jum'at

Teman-teman tentu sudah cukup paham apa saja sunnah yang bisa dilakukan di hari Jum'at. Pertama adalah mandi sunnah hari Jum'at. Baik laki-laki maupun perempuan diperbolehkan melakukan sunnah ini apalagi jika dilakukan di pagi hari sebelum waktu salat Jum'at tiba karena manfaat mandi pagi tentu jauh lebih banyak keutamannya baik untuk kesehatan maupun kesegaran tubuh.

Kedua yaitu membersihkan badan. Membersihkan badan bisa dilakukan dengan cara merapikan potongan rambut, mencukur kumis dan rambut lainnya yang sekiranya terlalu panjang dan mengganggu pada bagian tubuh tertentu, memotong kuku, bersiwak, dan menghilangkan bau badan

Ketiga yaitu memakai wewangian dan memakai baju putih. Keempat bergegas hadir menuju tempat salat Jum'at dengan tenang. Kelima, Diam saat khutbah berlangsung. Terakhir, perbanyak amalan baik seperti bersedekah, membaca al-Qur'an, dan bersilaturahmi.

Keberkahan di Hari Jum'at: Pengalaman Pertama Menemani Suami Khutbah Jum'at

Hari Jum'at tentu menjadi hari yang berkahnya berlimpah mengingat di hari ini ada banyak sunnah yang dikhususkan untuk dilakukan di hari Jum'at. Walaupun tentu hari lainnya juga memiliki keberkahan tersendiri. Tetapi kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya mendapatkan berkah di hari Jum'at yaitu menemani suami khutbah Jum'at.

Pagi hari sekitar menjelang shubuh di hari Jum'at tanggal 20 November 2020, saya mendapatkan pesan dari pimpinan saya dulu bekerja. Berkah silaturahmi meski hanya via gawai, beliau menawarkan suami saya untuk menjadi badal khotib hari Jum'at di masjid yang beliau kelola. Masya Allah...

Saat itu juga saya bilang pada suami, jika ia siap maka saya akan menemaninya pergi ke masjid tersebut mengingat suami saya belum pernah ke daerah tersebut. Akhirnya setelah berfikir singkat karena tawaran ini tidak akan datang dua kali, maka suami pun mengiyakannya.

Baca juga: Contoh Teks Pengumuman untuk MC Salat Jum'at

Kami langsung mencari contoh teks khutbah jum'at yang sesuai dengan pemahaman ahlussunah wal jama'ah. Pagi itu mendadak repot sekali. Apalagi Kafa belum bangun tidur, jadi saya belum bisa memandikannya. Karena sudah mepet, sedangkan kami perlu menempuh waktu sekitar 30-45 menit. Maka kami pun berangkat ke Masjid Jami' Baitul Ikhlas Tebet tanpa memandikan Kafa terlebih dulu karena harus sampai di sana sekitar pukul 11.15 WIB mengingat waktu masuk salat Dzuhur saat itu sekitar pukul 11.40 WIB.

Berkah Bersilaturahmi di Hari Jum'at

Sesampainya di rumah pimpinan kami, kami pun beristirahat sejenak sebelum suami berangkat ke masjid untuk khutbah Jum'at. Saya pun kemudian memandikan Kafa ketika suami sedang naik mimbar. Tentu ini menjadi pengalaman pertama bagi suami saya menjadi khotib Jum'at di Jakarta. Pasti ada perasaan demam panggung.

Tetapi dari hal ini kami mendapatkan berkah, yang pertama bisa silaturahmi kembali setelah sekian lama tidak bertemu. Kedua, setelah momen ini, suami saya mendapat jadwal khusus menjadi khotib Jum'at di Masjid Jami' Baitul Ikhlas Tebet Jakarta tahun 2021. Tidak menjadi badal khotib Jum'at seperti yang saat ini saya ceritakan.

Alhamdulillah. Sebenarnya saya tidak tahu apakah nantinya artikel ini akan banyak dibaca atau tidak, tetapi saya menulis artikel ini hanya untuk mengenang pengalaman pertama ini yang mudah-mudahan kedepannya bisa membawa berkah lebih banyak di kehidupan kami.

Sekian, semoga ulasan tentang manfaat mandi pagi dan cerita keberkahan di hari Jum'at ini bisa memberikan manfaat untuk teman-teman. Silahkan tinggalkan jejak terbaik di kolom komentar :)

Kata kunci: Manfaat Mandi Pagi di Hari Jum'at, Berkah hari Jum'at, Badal khotib hari Jum'at, Contoh Teks Khutbah Jum'at, Khotib Jum'at di Jakarta.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

3 komentar untuk "Manfaat Mandi Pagi dan Cerita Keberkahan di Hari Jum'at"

  1. Kafa bangunnya jam berapa ini yaa? hihi. mandi di pagi hari memang memberi manfaat banyak buat tubuh yaa dan bikin semangat juga seharian. Aku kalau mandi kesiangan suka banyak malesnya jugaa..

    BalasHapus
  2. Jumat memang bener-bener hari yg spesial ya mom. Aku kalo hari jumat bawaannya pengen bersih-bersih mulu

    BalasHapus
  3. Mandi pagi memang banyak manfaatnya. Apalagi di hari penuh berkah ya mba. Dan bikin moodbooster juga. Kerjaan lebih lancar karena pikiran fresh. Sayang kadang suka males banger mandi pagi kalaunlagi di rumah aja gini.

    BalasHapus