Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cemilan Khas Garut yang Digemari Banyak Wisatawan

oleh-oleh khas garut
5 Cemilan Khas Garut yang Digemari Banyak Wisatawan

Apakah kamu pernah ke Garut, salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat? Jika iya, tentu kamu pernah dong merasakan hawa sejuk dan pemandangan yang asri serta beberapa keistimewaannya yang selalu menarik banyak wisatawan mulai dari adu ketangkasan domba, kerajinan yang terbuat dari kulit, pemandian air panas, hingga beragam kulinernya.

Berbicara tentang kuliner, tentu di Garut juga memiliki camilan khas Garut yang digemari banyak wisatawan sehingga kalau kamu sedang berwisata ke Garut, jangan sampai lupa untuk membeli jajanan khas Garut untuk keluarga ya!

Dodol Garut

Cemilan yang wajib di beli di Garut adalah Dodol dong tentu saja. Bahkan cemilan ini sampai memiliki tagline tersendiri yang bersanding dengan nama kabupaten Garut yaitu Jajanan Khas Garut Kota Dodol. Ada banyak dodol yang dijual oleh pelaku usaha di sekitar tempat wisata di Garut dengan harga yang beragam dan rasa yang bervariasi.

Chocodot

Oleh-oleh yang kedua adalah Chocodot. Chocodot adalah cemilan khas Garut perpaduan antara dodol dan coklat. Konsepnya memang dibikin lebih modern jika dibandingkan dengan cemilan yang lainnya karena nama setiap produknya pun unik misalnya Cokelat Rasa Sayang, Cokelat Enteng Jodoh dan masih banyak lagi. Chocodot bahkan dengan mudah dapat kita cari dengan kata kunci oleh-oleh khas Garut online karena produk ini memang dijual juga secara online.

Moring atau Morling

Ini dia favorit saya. Cemilan Garut yang berasal dari cimol dan diolah menjadi keripik yang disebut Moring atau Molring alias cimol kering. Biasanya Moring identik dengan rasa pedas asin atau gurih, tetapi semakin ke sini, banyak juga Moring yang memiliki varian rasa lain seperti keju dan BBQ. Bahkan sewaktu kuliah, saya menemukan supplier Morling yang harganya cukup terjangkau.

Wal hasil karena sesuka itu saya dengan Moring, akhirnya sambil kuliah, saya sambil berjualan Moring di kampus. Yah, lumayan, harga perbungkusnya saya jual seribu rupiah aja. Tetapi sekali order, saya bisa memesan satu karton besar dalam satu bulan. Yah, lumayan, sambil kuliah, biar gak ngantuk, saya dan teman-teman ngemil Moring, kriuk kriuk. Perut kenyang walau mules menahan pedas, mahasiswa tidak mengantuk, saya pun dapat pundi-pundi rupiah untuk tambahan uang jajan. Hihi...

Burayot

Burayot adalah cemilan khas Garut yang terbuat dari campuran gula merah, tepung beras, kacang tanah, dan minyak kelapa. Cemilan ini berasal dari bahasa Sunda yaitu ngaburayot yang artinya bergelantungan. Mengapa bergelantungan? Karena biasanya Burayot ditiriskan dengan cara digantung setelah proses penggorengan.

Kue Khas Garut Burayot
Aneka Cemilan Khas Garut

Kue khas Garut Burayot ini konon lebih nikmat dikonsumsi ketika baru saja selesai digoreng dan masih panas. Varian rasanya juga banyak mulai dari wijen, keju, kacang tanah, jahe dan cokelat. Penduduk sekitar biasanya menghidangkan Burayot sebagai kue tradisional ketika lebaran. Namun sangat memungkinkan jika teman-teman membawa oleh-oleh Garut Burayot untuk diberikan pada sanak keluarga.

Emplod

Emplod juga dikenal dengan sebutan cemilan khas Garut Endog Lewo karena bentuknya seperti telur dan berasal dari daerah Lewo di Garut. Meskipun bentuknya seperti telur, tetapi produk khas garut ini berasal dari singkong, tepung tapioka, kelapa parut, bawang, dan bumbu penyedap lho. Tidak hanya itu, varian rasanaya juga banyak, mulai dari asin, manis, pedas, keju, balado, jagung manis, dan original.

Nah, itu dia 5 CemilanKhas Garut yang Digemari Banyak Wisatawan. Kalau kamu ke Garut dan membawakan oleh-oleh khas Garut untuk keluarga, pasti mereka senang dibawakan lima cemilan Garut ini. Sekian, semoga bermanfaat. Kapan-kapan akan kita bahas kue khas Garut kota atau kue balok khas Garut enak dan nikmat ya. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

9 komentar untuk "5 Cemilan Khas Garut yang Digemari Banyak Wisatawan"

  1. Aku baru sukses nyobain dodol garut sama chocodot, sementara yang lainnya belum. Paling penasaran tuh sama burayut deh. Eh, sama emplod juga deng. Nama camilan di Garut tuh unik unik ya.

    BalasHapus
  2. Diantara semua jenis cemilan khas Garut aq paling suka Chocodot mbak, rasanya itu enak banget dan nggak perlu nunggu datang ke Garut buat bisa menikmati Chocodot soalnya udah bisa beli online

    BalasHapus
  3. Kayaknya aku penasaran dengan chocodot deh kak. Tapi Garut benar benar kaya akan kuliner ya kak. Mudahan ada rejeki biar bisa liburan ke garut

    BalasHapus
  4. Kalau aku suka chocodot sama moring. Duh, moringnya renyah, gurih, dan pedasnya bikin nagih. Makanya setiap teman pulang ke garut suka nitip jajanan ini.

    BalasHapus
  5. ya ampun kangen banget dibawain chocodot sama temen kalo tiap abis dari garut. the best banget emang si chocodot ini

    BalasHapus
  6. Ya ampun namanya asing semua buatku. Tapi lihat salah 1 penampakannya memang pernah lihat dan ada yg pernah kurasain jugaa. Kayaknya beda nama di sini hihi

    BalasHapus
  7. Ini lima deretan di atas bener banget sih kak, dodol, chocodot, moring, burayot sama emplod. Tapi kalau saya ditambah kerupuk kulit juga biasanya. Emplod ini saya lebih sering manggilnya endog lewo hehe. Dan saya baru tahu kalau Lewo itu nama daerah asal emplodnya.

    BalasHapus
  8. dodol dan chocodooot emang palingg mantul nih hehe.. bikin kangen dan udh iconic banget ya kalau dari garut :)

    BalasHapus
  9. Dorokdok manna dorokdok? Itu tuh kerupuk kulit khas Garut enak lho kk

    BalasHapus