Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Bumbu Nasi Biryani Instan Rasa Juara Ya CairoFood

harga beras briyani
Rekomendasi Bumbu Nasi Biryani Instan

Ayah saya adalah penggemar makanan khas Timur Tengah. Termasuk nasi biryani atau nasi briyani. Nasi biryani merupakan hidangan yang berasal dari beras basmati yang dimasak dengan rempah-rempah beserta sayuran, daging (sesuai selera bisa ayam, kambing, ikan, udang, atau sapi).

Banyak yang bertanya nasi biryani atau nasi briyani dari mana? Ternyata nasi biryani berasal dari Asia Selatan lho tepatnya di India dan Pakistan. Istilah biryani seindiri berasal dari bahasa Persia yang berarti goreng atau panggang. Konon zaman dulu beras yang digunakan untuk dijadikan hidangan biryani ini digoreng dalam minyak samin sebelum direbus di dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Hidangan ini populer tidak hanya di India dan Pakistan melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan di lingkungan penduduk muslim Sri Lanka. Beberapa penduduk Indonesia dan Malaysia juga termasuk menjadi negara yang menyukai nasi biryani. Bahkan ada pula yang membuat hidangan nasi biryani untuk dijadikan sebagai hidangan aqiqah buah hatinya.

Inilah Cara Bikin Nasi Biryani Simpel dan Enak

Kalau ditanya apakah saya bisa bikin nasi briyani atau nasi biryani, tentu saya akan menjawab sejujurnya bahwa saya belum pernah membuat masakan yang satu ini. Tetapi karena banyak yang share resep bumbu nasi briyani asli beserta cara membuat bumbu nasi briyani dengan mudah, saya jadi penasaran juga mau membuatnya.

Apalagi saat ini sudah masuk saatnya lebaran idul adha dimana akan ada stok daging sapi dan kambing untuk beberapa waktu ke depan. Jadi saya pun mencari cara bikin nasi briyani India.

Resep Nasi Biryani ala CairoFood

Akhirnya saya bertemu dengan resep nasi briyani sederhana dari CairoFood yang juga reseo nasi briyani komplit. Pertama yang perlu disiapkan adalah bahan untuk membuat nasi biryani yaitu:

1 kg daging kambing dengan tulang

3 sdm minyak samin

3 bawang bombay ukuran sedang potong dadu

2 bawang putih

3 buah tomat blender halus

100 ml yogurt

2 sdt garam

3 sdm bumbu biryani CairoFood

30 gram mangga kering

1 cabe hijau besar

1 sdm daun ketumbar segar (50 gram)

½ sdm daun mint segar (50 gram)

1 gram saffron (opsional)

1 liter beras basmati atau pera IR 42

1.75 liter air

30 ml air hangat

Minyak goreng senyukupnya

Cara Memasak Nasi Biryani

Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan minyak hingga berubah warna menjadi coklat, jika sudah Masukkan bumbu nasi biryani CairoFood, garam, yogurt (bisa diganti dengan susu atau santan namun dapat mempengaruhi rasa), tomat, cabe hijau, lalu tumis sebentar

Masukkan daging (opsional bisa ayam, sapi, atau kambing), tambahkan air dan rebus hingga lunak. Sisakan air kaldu sebanyak 1.5 liter untuk digunakan selanjutnya.

Cuci dan rendam beras basmati selama 5-10 menit lalu tiriskan dan rebus dengan kaldu yang sebelumnya telah disisihkan.

Masak beras dengan 1.75 liter air yang telah disiapkan hingga hampir matang sekitar 85% tingkat kematangan, lalu tiriskan dari sisa airnya

Masak hingga matang dan tambahkan air sedikit jika dibutuhkan

Masukkan daun ketumbar dan daun mint yang sudah dipotong kecil-kecil (tidak perlu banyak-banyak atau sesuai selera)

Siapkan gelas berisi air hangat yang telah berisi saffron (opsional dan bisa diganti dengan bunga pandan air kewra/keora)

Masukkan nasi ke dalam panci yang berisi daging yang sudah matang

Beri percikan taburan air rendaman saffron di atas tumpukan nasi (opsional)

Masukan ke dalam oven selama 20 menit pada suhu 175 derajat celcius (bisa juga menggunakan magicom)

Bumbu Biryani CairoFood

jual bumbu nasi kebuli instan
Bumbu Nasi Biryani CairoFood

Jika teman-teman perhatikan, di resep ini teman-teman tidak perlu pusing akan bumbu masak nasi briyani atau nasi biryani seperti minyak samin, kacang-kacangan, jinten, cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang bombay, dan bawang putih serta saffron.

Ya, karena rempah nasi briyani sangat khas, maka teman-teman tidak perlu pusing mencari bumbu nasi briyani, cara membuat bumbu nasi biryani, bumbu nasi briyani rice cooker, resep bumbu nasi briyani, resep bumbu nasi biryani asli, atau pun mencari dimana beli bumbu nasi briyani karena CairoFood men jual bumbu nasi briyani.

Resep ini menggunakan bumbu nasi briyani instan atau nasi biryani instan dari CairoFood. Tidak perlu khawatir, Bumbu Biryani Cairo Food telah dipakai dan dipercaya sebagai standar oleh para chef restoran, hotel, dan catering.

Yang membedakan bumbu ini dengan bumbu nasi briyani india atau nasi biryani India lainnya adalah bumbu nasi biryani CairoFood terbuat dari 100% rempah alami seperti cumin biji ketumbar, adas manis, paprika, biji pala, biji kelabat, kayu manis, bunga lawang, kapulaga hijau, kunyit, daun laurel, cengkeh, cabai merah, jahe putih, lada hitam, kapulaga putih, bawang putih, dan beras putih bukan kimia atau perisa.

Tidak hanya itu bumbu kering nasi briyani dari CairoFood memiliki kelebihan lainnya yaitu halal, telah memiliki nomor p-irt yaitu P – IRT No. 7.11.3173.03.0049-24, tanpa filler, vegan, tanpa garam gulam, bebas msg, tanpa pewarna, pengawet, serta anti kempal alami yang berasal dari Beras dengan berat maksimal hanya 1,9%. Selain itu harga bumbu nasi briyani CairoFood juga sangat terjangkau mulai dari 35 ribu rupiah sampai dengan 320 ribu rupiah. Untuk ukuran 100 gr dan 1000 gram.

Di bagian belakang kemasan terdapat pula resep nasi biryani, saran & tips beserta cara penyajiannya. Cara simpan bumbu nasi briyani instan ini sebaiknya tidak disimpan dikulkas melainkan di freezer atau simpan di suhu ruang. Jangan terkena sinar matahari langsung, panas, atau pun di ruangan dengan suhu lembab.

Jika disimpan dengan baik, bumbu biryani CairoFood dapat bertahan selama 18-24 bulan. Segera tutup rapat kemasan jika belum habis agar terhindar dari serangga atau pun binatang vektor lainnya.

Jika teman-teman berminat membeli bumbu nasi biryani CairoFood, teman-teman bisa membeli secara langsung di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee atau di website resmi CairoFood yaitu cairofood.id. Bisa juga order via whatsapp di 081218222610. Nah, itu dia ulasan tentang Rekomendasi Bumbu Nasi Biryani Instan Rasa Juara. Sekian, semoga bermanfaat :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Rekomendasi Bumbu Nasi Biryani Instan Rasa Juara Ya CairoFood"

  1. Dari dulu belum pernah coba nasi briyani, ngilerrr banget. Eh kebetulan ada bumbu instannya ya, wajib coba nihhh

    BalasHapus
  2. Beuh sambil baca perutku auto bunyi 😂 parah nih. Resep makanan perusak diet, soalnya pasti pengen nambah mulu

    BalasHapus

Berlangganan via Email