Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Daftar Pondok Pesantren di Tangerang yang Wajib Kamu Ketahui

Daftar Pondok Pesantren di Tangerang

Dari sekian banyak pondok pesantren di Tangerang, ada 128 pondok pesantren yang terdaftar di EMIS Dashboard Kemenag yaitu Informasi Data Pokok Pendidikan Islam yang terdiri atas data Madrasah, PTKI, Pendidikan Diniyah, Pondok Pesantren dan data PAI. Tentu kita tahu pasti daftar pondok pesantren di Tangerang jauh lebih banyak dari data yang sudah muncul di EMIS.

Baca juga: Pesantren Salafi di Tangerang

Tetapi pasti dari sekian banyak pondok pesantren di Tangerang, tentu ada dong pondok pesantren terbaik di Tangerang. Selain itu tentu ada pula daftar pondok pesantren modern di Tangerang.  Daripada berlama-lama, simak ya daftar pondok pesantren terbaik di Tangerang Banten berikut ini:

Pondok Pesantren Modern an-Nuqthah

Pondok pesantren ini terletak di Jl. Rasuna Said Jl. H. Ismail RT 001/RW 005 Cipete, Pinang, Kota Tangerang Banten. Pondok pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP hingga SMK. Biaya pondok pesantren di Tangerang ini mulai dari 2 juta rupiah.

Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum ternyata memiliki cabang di Tangerang lho. Lokasinya tepat di Jl. Marsekal Surya Darma RT 07/001 Selapajang Jaya, Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15127. Biaya masuk pesantren di Tangerang ini mulai dari 5 juta rupiah. Tak perlu khawatir, selain belajar tentang ilmu-ilmu agama, santri-santri juga disediakan fasilitas untuk mempelajari pendidikan formal.

Pondok Pesantren Darul Hasan

Pondok ini didirikan oleh KH. Tadjuddin Hasan, Drs. H. Sufyan Hariri, M.Pd, dan H. Muhammad Nur. Terletak di Jl. Irigasi Sipon Cipondoh Makmur, RT 001/002 Cipondoh Makmur, Kota Tangerang Banten 15148. Pondok ini menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SD sampai SMA. Namun santri yang bermukim di pondok adalah santri yang duduk di jenjang pendidikan SMP.

Baca juga : Pondok Pesantren Gratis di Tangerang

Karena pondok ini menerapkan kurikulum pondok modern, maka santri yang mondok di sini berbahasa arab dan inggris untuk percakapan sehari-hari. Tidak perlu khawatir tidak bisa, karena pondok ini juga menyediakan kelas Takhasus untuk teman-teman yang awam dengan materi yang akan dipelajari di pondok.

Baca juga: Pesantren Tahfidz Gratis di Tangerang

Untuk biaya pendaftarannya mulai dari 300 ribu rupiah. Jika lolos seleksi, maka wali santri berkewajiban membayar biaya pendaftaran sebesar 15 juta rupiah belum termasuk dengan biaya kasur, buku, seragam, dan lain-lain.

Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman

Pondok ini berdiri tahun 2001 dan terletak di Jakarta juga di Tangerang. Untuk yang berlokasi di Tangerang, lokasinya tepat berada di Gg. Masjid, RT 006/06 Kenanga, Cipondoh Kota Tangerang Banten 15146.

Wah banyak juga ya pondok pesantren yang didirikan di wilayah Cipondoh.

Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an

Kalau yang satu ini teman-teman pasti hafal ya. Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur’an terletak di Jl. Ketapang Poncol No.35 RT 07/05, Ketapang, Cipondoh, Tangerang, Banten 15147.

Pondok Pesantren Darul Muttaqien Tangerang

Pondok pesantren ini beralamat di dua tempat yaitu Jl. Raya Cadas Kukun KM 7 No. 24 Karet, Sepatan, Tangerang, Banten 15520 dan Jl. Raya Cadas – Kukun Pangadegan, Ps. Kemis. Pondok ini menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SMP hingga SMA.

Baca juga: Pondok pesantren gratis di Tangerang Selatan

Sebenarnya masih banyak lagi pondok pesantren di Tangerang, namun untuk sementara waktu sampai sini dulu ya. Kapan-kapan akan kita lanjutkan di sesi yang berikutnya. Teman-teman boleh mengajukan pondok pesantren apa lho yang mau di ulas di kolom komentar. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Daftar Pondok Pesantren di Tangerang yang Wajib Kamu Ketahui"

  1. info yang bermanfaat buat para orang tua yang tinggal di tangerang dan pengen memasukkan anaknya ke pondok pesantren

    BalasHapus