Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Rekomendasi Pesantren Salafi di Tangerang, Murah dan Berkualitas

pesantren salafi di tangerang selatan
Rekomendasi Pesantren Salafi di Tangerang

Banyak sekali lho ternyata teman-teman yang mencari informasi seputar Pondok Pesantren Salaf di Tangerang. Sebelum kita membahasnya, ada baiknya kita menyamakan perspektif dulu terkait apa sih yang disebut dengan pondok pesantren salafi itu.

Menurut Ali Anwar yang ditulis ulang oleh Rustam Ibrahim pada Eksistensi Pesantren Salaf di Tengah Arus Pendidikan Modern dalam jurnal “Analisa”  Volume 21 Nomor 02 Desember 2014, Pesantren salaf atau salafi adalah pesantren yang dikhususkan untuk mengkaji kitab-kitab klasik dengan metode bandongan, sorogan, wetonan, maupun klasikal. Biasanya pesantren salaf tidak ada pelajaran umum dalam pesantren ini.

Ciri-Ciri Pesantren Salaf

Tidak hanya di Pesantren Salaf di Tangerang, biasanya pesantren salafi memiliki budaya yang khas di lingkungan pesantren seperti menggunakan sarung dan kopiah hitam untuk keseharian santri putra, bermadzhab fikih Imam Syafi’i, mengadakan peringatan Maulid Nabi, Isra Mi’raj. Jika Ramadan salat tarawih sebanyak 23 rakaat. Salat subuhnya menggunakan do’a qunut.

Selain itu biasanya santri juga tidak diseleksi ketika mendaftar dan outputnya banyak alumni dari pondok pesantren salaf yang dapat menguasai kitab kuning atau literatur klasik islam dalam bahasa arab, menguasai ilmu gramatika bahasa Arab seperti Nahwu, Sharaf, Balaghah, dan juga terbiasa memaknai kitab gundul.

Namun di era ini ada banyak pondok pesantren yang menerapkan sistem pesantren salafi namun juga berinovasi seiring dengan perkembangan zaman. Ada beberapa pondok pesantren salafi di Tangerang termasuk pesantren salafi di Tangerang Selatan yang bisa kita temukan. Nah jika teman-teman ingin mengetahui informasi terkait pesantren salafi di Tangerang, simak ulasan berikut ini ya:

Pondok Pesantren Modern Salaf Darul Muttaqien

Seperti yang saya bilang, ada beberapa pondok pesantren salafi yang juga menerapkan unsur modern dalam sistem pendidikannya termasuk Pondok Pesantren Modern Salaf Darul Muttaqien. Pesantren ini berlokasi di Jl. Raya Cadas kecamatan Sepatan dan kecamatan Pasar Kemis. Yap, pondok pesantren ini memiliki dua bangunan yang berbeda lokasi.

Baca juga: PondokPesantren Gratis di Tangerang

Di pesantren ini, santri-santri diajarkan untuk dapat membaca kitab kuning seperti Fathul Mu’in, Fathul Qarib, Nahwu (Jurumiyah, Imriti, Alfiyah). Biaya pondok pesantren di Tangerang ini sebesar 9 juta rupiah dengan uang bulanan sebesar 600 ribu rupiah.

Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam

Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam berada di Jl. Poris Jaya Batu Ceper Kota Tangerang. Pondok ini memiliki beberapa kelas tingkatan seperti Ula, Wustha dan Ulya dengan sebuatan Marhalah, Ula, Tsaniyah dan Tsalisah. Biaya masuk pesantren di Tangerang ini hanya 2.5 juta rupiah dengan uang bulanan sebesar 600 ribu rupiah.

Pondok Pesantren Attahiyyah Cipondoh

Pondok Pesantren Attahiyyah berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan Cantiga kelurahan Petir kecamatan Cipondoh. Di pondok ini, santri dapat mempelajari ilmu alat seperti Nahwu Wadih, Jurumiyah, Imriti dengan metode sorogan dan wetonan. Biaya masuk di pondok pesantren ini hanya 5 juta rupiah dengan uang bulanan sebesar 700 ribu rupiah. Informasi selengkapnya bisa teman-teman dapatkan di attahiyyah.com.

Pondok Pesantren al-Hikmah

Pondok pesantren salafi ini mengedepankan ilmu nahwu dan saraf dalam pembelajaran sehari-hari. Selain itu santri juga dididik untuk dapat berbahasa arab sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pondok ini terletak di Kadu Jaya, Curug, Kab. Tangerang.

Pondok Pesantren manhaj salafi di Tangerang lainnya ada Pondok Pesantren al-Jauharatunnaqiyyah, Pondok Pesantren al-Khaeriyyah, Pondok Pesantren at-Thohiriyah, Pondok Pesantren Ashabul Maimanah, Pondok Pesantren Darul Hikmah Syekh Ciliwulung Cakung Binuang, Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdotil Ulama,

Baca juga: Pondok Pesantren Salafi Gratis

Pondok Pesantren Turus, Pondok Pesantren Nurul Falah, Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum, Pondok Pesantren Nurul Huda, Pondok Pesantren an-Nawawi, Pondok Pesantren as-Salam. Sebenarnya ada 708 pesantren salaf di Tangerang tetapi Pondok pesantren di atas merupakan pondok pesantren yang masuk dalam kategori pondok pesantren terbaik di Tangerang Banten.

Nah itu dia ulasan tentang Pesantren Salafiyah di Tangerang. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Ini Dia Rekomendasi Pesantren Salafi di Tangerang, Murah dan Berkualitas"