Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masya Allah Inilah 10 Rekomendasi Pesantren Terbaik di Tangerang Selatan

pondok pesantren di tangerang
Rekomendasi Pesantren Terbaik di Tangerang Selatan

Kalau kamu akan menjadi anak rantau karena berkuliah di Universitas Pamulang atau UIN Syahid atau PTIQ, maka pasti kamu akan mencari daftar pondok pesantren di Tangerang Selatan. Perlu diketahui dulu ya teman-teman, untuk mempermudah pemetaan dalam proses penacrian pondok pesantren di Tangerang Selatan, maka kita harus mengetahui minimal kecamatan mana aja sih yang masuk di wilayah Tangerang Selatan?

Baca juga: Pondok Pesantren Gratis di Tangerang

Berdasarkan data yang ada, daftar kecamatan dan kelurahan di kota Tangerang Selatan adalah sebagai berikut yaitu Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, dan Setu. Ada 78 pondok pesantren di Tangerang Selatan yang terdaftar di EMIS Dashboard Kemenag Indonesia. Nah, dari pada berlama-lama yuk kita simak pondok pesantren murah di Tangerang Selatan yang juga terbaik di wilayahnya!

Pondok Pesantren Madinatunnajah

Siapa yang tidak mengenal pondok yang didirikan oleh Drs. KH. Mahrus Amin dan Nyai Hj. Suniyati Abdul Manaf? Saat ini Pondok Pesantren Madinatunnajah dipimpin oleh KH. M. Agus Abdul Ghofur M.Pd. Pondok ini memiliki landasan hidup 4 panca dan Catur Cinta. Pendidikan yang tersedia di pondok ini mulai dari TPQ, RA, MI, dan TMI.

Baca juga: Pesantren Salafi di Tangerang

Pondoknya asri sekali dan memiliki banyak fasilitas mulai dari ruang kelas, gedung pendukung, asrama santri, badan pengasuhan santri, kesehatan, kantin santri, gedung administrasi santri, saung beserta lapangannya, lingkungan yang asri, masjid Jami’ Utsman bin Affan, unit usaha pesantren serta perkebunan.

Dengan fasilitas selengkap ini, biaya masuknya sekitar 7 juta rupiah dan biaya bulanannya sekitar 650 ribu rupiah. Untuk informasi detailnya terkait biaya pondok pesantren Madinatunnajah bisa teman-teman lihat di madiantunnajah.com. Jika ingin berkunjung, teman-teman bisa langsung ke lokasi di Jl. Sumatera, Jombang, Ciputat.

Pondok Pesantren al-Amanah al-Gontory

Pondok Pesantren al-Amanah al-Gontory berada di Parigi Baru Pondok Aren Kota Jakarta Selatan. Pondok ini menggunakan kurikulum seperti Pondok Pesantren Gontor dengan jenjang pendidikan 6 tahun. Biaya masuknya sekitar 9 juta rupiah dengan biaya bulanan 800 ribu rupiah.

Pondok Pesantren al-Husainy BSD Serpong

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Husainy No. 8 RT 002/RW 010, Lengkong Wetan BSD, Serpong. Pondok ini identik dikenal dengan Habib Ali Alwi bin Thohir al-Husainy. Biaya masuknya mulai dari 6 juta rupiah dengan biaya bulanan 700 ribu rupiah.

Ponpes Tahfidz di Ciputat; Pesabtren Tahfidz al-Quraniyah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Panti Asuhan No. 6 RT 003, RW 12, Jurang Manggu Timur, Pondok Aren. Biaya masuknya sekitar 13 juta rupiah dengan biaya bulanan 1.2 jutaan rupiah. Selain pondok tahfidz, pengelola pondok pesantren ini juga menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SMP-SMA.

Pondok Pesantren di Pamulang

Pesantren al-Adzkar berlokasi di Jl. Pinang Raya RT 2 RW 14 Pamulang Timur. Jenjang pendidikannya mulai dari MTs dan SMA dengan biaya masuk sekitar 11 juta rupiah dengan biaya bulanan sekitar 1 juta rupiah. Selain Pondok Pesantren al-Adzkar, ada juga Pondok Pesantren Modern al-Hasanah Darunnajah yang berlokasi di Jl. Apel 2 No.1 Atas Pamulang Estate, Pamulang Timur. Pondok ini merupakan cabang dari Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami.

Pondok Pesantren Jamiyyah Islamiyyah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Pesantren Kp. Ceger RT 03/03 Kel. Jurangmangu Timur, Kec. Pondok Aren. Pesantren ini mengombinasikan kurikulum pendidikan formal dengan pendidikan pesantren salafi. Untuk info lebih lengkapnya bisa menghubungi nomor 081299264744.

Pondok Pesantren Mahasiswa Sabilussalam

Pondok pesantren yang berlokasi di Jl. WR. Supratman No. 71 Gg. Bacang RT 02/09 Ciputat Timur ini tentu dikhususkan untuk mahasiswa. Jaraknya juga hanya 2 km dari UIN Jakarta. Biayanya terjangkau mulai dari biaya masuk sekitar 2 juta rupiah dan biaya bulanannya sekitar 600 ribu rupiah. Informasi lebih lengkapnya ada di sabilussalam.com.

Pondok Pesantren Darus Sunah

Pondok pesantren yang berlokasi di Jl. SD Inpres No.11 Pisangan Barat Ciputat Timur, Cirendeu ini didirikan oleh KH. Ali Mustafa Yaqub salah satu Imam Masjid Istiqlal yang tersohor di kalangan ulama dan cendikiawan. Selain pesantren, santri yang mondok di sini setelah lulus (dan mengikuti ujian) juga akan mendapatkan gelar Lc. (License) lho seperti lulusan Timur Tengah.

Pesantren Daar El-Hikam

Sama halnya dengan pondok pesantren Mahasiswa Sabilussalam, pondok ini juga berjarak tidak jauh dari UIN Jakarta. Awalnya pondok ini bernama Pesantren as-Sulaimaniyah. Saat ini, santri yang mondok di sini tidak hanya dari kalangan mahasiswa melainkan juga untuk santri yang duduk di jenjang pendidikan SMP-SMA.

Ma’had al-Jami’ah UIN Jakarta

Terakhir adalah Ma’had al-Jami’ah UIN Jakarta yang dikelola oleh UIN Syarif Hidayatullah untuk mahasiswanya. Pondok ini berlokasi di Jl. Legoso Raya dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki untuk sampai ke kampus.

Nah itu dia rekomendasi Pesantren Terbaik di Tangerang Selatan. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Masya Allah Inilah 10 Rekomendasi Pesantren Terbaik di Tangerang Selatan"

  1. Masya Allah lengkap dong ini ya bu, izin share ya bu,, siapa tau ada keluarga atau teman yg mau anaknya mondok.

    BalasHapus