Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pondok Pesantren di Yogyakarta Khusus untuk Menghafalkan al-Qur’an

Pondok Pesantren di Yogyakarta Khusus untuk Menghafalkan al-Qur’an
Pondok Pesantren di Yogyakarta Khusus untuk Menghafalkan al-Qur’an

Pondok Pesantren di Yogyakarta

Seperti yang sudah saya sebutkan pada artikel sebelumnya, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 319 pondok pesantren terbaik di Yogyakarta yang telah terdata di Kemenag (dan tentu masih ada banyak pondok pesantren yang belum terdata lainnya).

Kali ini saya akan berbagi seputar beberapa pondok pesantren di Jogja untuk umum yang memiliki pengajar yang sesuai dengan keahliannya (seperti kiai atau bunyai atau ustadz ustadzah dan juga pengurus) untuk menghafalkan al-Qur’an.

Disclaimer dulu sebelumnya, apabila ada kekeliruan informasi yang saya tulis, mohon segera menginformasikannya melalui komentar pada artikel ini agar dapat segera saya ganti. Baik, langsung saja kita mulai mengenal pondok pesantren di Yogyakarta khusus untuk menghafalkan al-Qur’an dari kabupaten Sleman.

Pondok Pesantren di Yogyakarta Kabupaten Sleman

Ada 114 pondok pesantren di kabupaten Sleman yang telah terdaftar di pangkalan data Kemenag. Dari sekian banyak pondok pesantren, ada beberapa pondok pesantren di Yogyakarta kabupaten Sleman yang dikhususkan untuk menghafalkan al-Qur’an.

Beberapa di antaranya adalah Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Pondok Pesantren Sulaimaniyah, Pondok Pesantren Wahid Hasyim, pondok pesantren yang berada di wilayah Mlangi misalnya Pondok Pesantren an-Nasyath.

Pondok Pesantren di Yogyakarta Kota Yogyakarta

Untuk pondok pesantren di Kota Yogyakarta sendiri terdapat sekitar 30 pondok pesantren. Pondok Pesantren Nurul Ummahat, Pondok Pesantren Nurul Ummah, dan Pondok Pesantren Diponegoro, serta Pondok Pesantren al-Luqmaniyah menjadi pondok pesantren yang dapat dipilih apabila teman-teman ingin berkuliah atau mondok sambil menghafalkan al-Qur’an.

Pondok Pesantren di Yogyakarta Kabupaten Gunung Kidul

Di Gunung Kidul sendiri, terdapat sekitar 30 pondok pesantren. Jika teman-teman ingin menghafalkan al-Qur’an, maka Pondok Pesantren al-Jauhar (Cabang dari Pondok Pesantren Sunan Pandanaran) dapat menjadi pilihan teman-teman untuk merealisasikan keinginan menghafalkan al-Qur’an tersebut.

Pondok Pesantren di Yogyakarta Kabupaten Kulon Progo

Di Kulon Progo, terdapat sekitar 60 pondok pesantren. Jika ingin menghafalkan al-Qur’an, teman-teman bisa survei ke beberapa pondok pesantren seperti Pondok Pesantren al-Qur'an Wates, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Dzikrul Qolbi, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Buya Hamka, Pondok Pesantren Nurul Qur'an.

Pondok Pesantren di Yogyakarta Kabupaten Bantul

Untuk di Bantul, tentu Pondok Pesantren di Yogyakarta yang khusus untuk menghafalkan al-Qur’an adalah Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak, Pondok Pesantren al-Munawwir, serta Pondok Pesantren An-Nur.

Nah, itu dia ulasan tentang beberapa Pondok Pesantren di Yogyakarta yang dapat direkomendasikan untuk teman-teman yang ingin menghafalkan al-Qur’an. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar dan jika berkenan dukung akun Youtube saya dengan menonton dan subscribe ya :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pondok Pesantren di Yogyakarta Khusus untuk Menghafalkan al-Qur’an"