Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Traveling ke Surabaya? Lakukan 5 Hal Menarik Berikut Ini!

Traveling ke Surabaya? Lakukan 5 Hal Menarik Berikut Ini!
Traveling ke Surabaya? Lakukan 5 Hal Menarik Berikut Ini!

5 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Surabaya

Memiliki sejarah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Surabaya kemudian dikenal sebagai Kota Pahlawan. Selain itu, ada juga yang menyebut Surabaya sebagai kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Terlepas dari banyaknya julukan untuk Surabaya, kota ini tetap memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi. 

Ada yang punya rencana untuk liburan ke sini dalam waktu dekat? Kalau iya, kamu bisa pesan tiket pesawat Lion Air sebagai akses transportasi yang lebih cepat. Sambil memilih jadwal penerbangan yang pas, kamu bisa membaca ulasan tentang 7 hal menarik yang bisa dilakukan di Surabaya berikut.

Sekalipun Ibu Kota Jawa Timur ini nggak punya pantai cantik seperti di Malang atau tempat wisata pegunungan ala Batu, Surabaya tetap punya caranya sendiri untuk menyenangkan hati setiap wisatawan yang berkunjung.

Berburu Kuliner Legendaris

Kamu suka makan? Kalau begitu jangan sampai melewatkan sejumlah tempat makan legendaris yang ada di kota ini, ya!

Rekomendasi pertama adalah Bebek Tugu Pahlawan yang berlokasi di seberang kawasan Tugu Pahlawan. Tak jauh dari lokasi Tugu Pahlawan, kamu juga bisa mencicipi kelezatan Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang konon dikenal sebagai rujak termahal di Indonesia.

Kalau belum kenyang, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke depot Rawon Setan yang ada di Jl. Embong Malang atau menyantap seporsi nasi sambal Mak Yeye yang berlokasi di samping DTC Mall.

Pilihan kuliner lainnya adalah Tahu Telor Pak Jayen, Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, Es Teler Pak No di Pacarkeling, dan Es Cokelat Tambah Umur 1950.

Mengunjungi Jalan Tunjungan yang Tersohor

Kalau Bandung Punya Jalan Braga, Surabaya punya Jalan Tunjungan sebagai salah satu ikon wisata setempat. Sama seperti Jalan Braga, jalanan ini juga dipenuhi oleh bangunan tua yang berderet di kiri dan kanan jalan. Untuk mendapatkan pesona Jalan Tunjungan, kamu bisa datang di malam hari saat lampu-lampu kota mulai dinyalakan.

Ketika malam, masyarakat lokal biasanya mengunjungi Jalan Tunjungan untuk berburu foto dengan latar belakang bangunan khas kolonial. Salah satu spot foto populer di jalan ini adalah depan Hotel Majapahit.

Hotel yang menjadi saksi bisu atas insiden perobekan bendera Belanda ini tampil anggun dengan fasad bangunan khas tempo dulu ditambah nyala lampu berwarna kuning yang membuat tampilannya tampak temaram.

Wisata Religi ke Sunan Ampel

Buat wisatawan muslim yang ingin berwisata religi, kamu bisa menuju ke kawasan Sunan Ampel. Setiap harinya selalu ada saja pengunjung yang datang ke sini, entah untuk berziarah, belanja pernak pernik, sampai berburu makanan khas Timur Tengah. Pokoknya super komplit deh.

Baca juga: Qasidah Ziarah Makam Wali dan Artinya

Nah, kalau kamu tidak suka pilihan makanan pada poin pertama, silakan langsung datang ke kawasan Sunan Ampel. Di sini pengunjung bisa menikmati olahan seperti kebab, nasi kebuli, nasi biryani, roti maryam, dan berbagai kuliner berbahan daging kambing.

Jika ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah, kamu bisa berburu pernak-pernik seperti peralatan sholat, baju muslim, dan parfum. Untuk camilan, kamu bisa membeli buah kurma yang banyak tersedia di Kampung Arab ini.

Melihat Kemegahan Monumen Kapal Selam

Penasaran seperti apa suasana di dalam kapal selam? Untuk menjawab rasa ingin tahumu itu, kamu bisa mampir ke wisata kapal selam yang berdiri megah di sisi sungai Kalimas, Surabaya. Konon, Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya ini menjadi yang terbesar di kawasan Asia, lho.

Menurut sejarahnya, Monkasel Surabaya pertama kali dibuka pada tanggal 15 Juli 1998. Jauh sebelum itu, kapal selam Pasopati ini telah menjadi bagian dari Angkatan Laut dan memiliki peran besar dalam Operasi Trikora—upaya Indonesia merebut Irian Barat (sekarang Papua) dari Belanda.

Selama di dalam kapal, kamu bisa berkeliling dan melihat-lihat sejumlah ruangan yang ada, seperti ruang peluncuran torpedo, ruang tidur ABK, ruang diesel, pusat informasi tempur (PIT), dan ruang serbaguna untuk perwira.

Wisata Belanja di Mall

Buat kamu yang ngaku shopaholic atau hobi belanja, maka wajib banget mengunjungi sejumlah mall besar yang ada di Surabaya. Sebut saja Galaxy Mall, Tunjungan Plaza, dan Supermall Pakuwon, ketiga tempat belanja tersebut dijamin mampu memuaskan hasrat berbelanjamu.

Di antara rekomendasi mall di atas, Tunjungan Plaza lebih mudah dijangkau karena bangunannya berdiri megah di pusat kota Surabaya. Sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Pahlawan, Tunjungan Plaza dipenuhi lebih dari 500 outlet, mulai dari toko pakaian, toko sepatu, toko make-up, sampai tempat makan.

Selain produk lokal, Tunjungan Plaza turut menyediakan barang-barang branded asal luar negeri di sini, lho. Oh iya, saat berkunjung ke sini pastikan kamu punya tenaga ekstra mengingat mall ini punya bangunan yang begitu luas.

Bicara mengenai Surabaya memang nggak terbatas pada kontribusinya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tetapi pesonanya juga layak untuk dipromosikan. Jika akhir pekan nanti kamu belum punya agenda mau pergi ke mana, coba deh mampir ke kota ini untuk menciptakan momen liburan yang menyenangkan.

Nah, setelah traveling ke Surabaya dan melakukan kelima hal menarik di atas, dari Surabaya kamu bisa menyeberang ke Pulau Madura atau mengeksplorasi keindahan kota Malang dan Batu yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Surabaya. Apapun pilihannya, pokoknya selamat bersenang-senang!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

8 komentar untuk "Traveling ke Surabaya? Lakukan 5 Hal Menarik Berikut Ini!"

  1. Astagaaaa.. 20 tahun lebih di Surabaya, belum pernah ke Ampel dong saya, bukan maen memang hahahaha.
    Seringnya mah wisata emol, nggak belanja sih, cuman cuci mata, sekaligus ngadem, saking Surabaya fanashhhhnya minta ampun.

    Kalau Jalan Tunjungan emang kece, apalagi pas malam, makin kece lagi :)

    BalasHapus
  2. yang belum saya kunjungi adalah wisata religi SUnan Ampel dan wisata kapal selam niy mba Iff, mudah-mudahan bisa ke sana lagi deh, setelah aman dan bisa kunjungi 2 tempat itu

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke wisata sunan ampel juga, tapi sering lewat, tapi kepikirannya kalau ke situ tuh harus dalam rangkaian dari ziarah 8 wali... Lainnya udah doongg, sampai ke Zangradi dan sate klopo juga, heheheh

    BalasHapus
  4. Wuuuu tempat² bikin mupeng niih, apalagi lagi pandemi gini. Godaan bepergian sungguh kejaam 😂😂

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah ke surabaya. Tapi memang kalau jalan-jalan yang gak boleh terlewat itu wisata dan monumen yang bersejarah ya.

    BalasHapus
  6. Aku pernah punya kenangan ke Surabaya hahaha, biar sehari doang tapi terus dikenang. Dulu cuma mikir Surabaya ah kota panas, tapi ada banyak spot menarik di sana

    BalasHapus
  7. Ke Surabaya aku lewat-lewat tok Kak.
    Yang mau ke Jember event, sempat makan dan transit juga tapi nggak berani jauh-jauh karena kan kereta segera berangkat. Moga bisa ada rejeki lagi main ke Surabaya mau ke sini

    BalasHapus
  8. Siap nih traveling ke surabaya. Pengin ke sana, tapi nggak tahu mau kemana saja. Sekalian mampir pas njenguk anak-anak ke Malang.

    BalasHapus