Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keriting Gantung Permanen Tanpa Ke Salon? Ini Dia Tipsnya!

Keriting Gantung Permanen Tanpa Ke Salon? Ini Dia Tipsnya!
Keriting Gantung Permanen Tanpa Ke Salon? Ini Dia Tipsnya!

Keriting Gantung Permanen Tanpa Ke Salon? Ini Dia Tipsnya!

Jujur, hidup tuh emang sawang-sinawang, saya sendiri sebagai pemilik rambut lurus, kadang suka terbesit ingin punya rambut keriting gantung macam keponakan saya. Keponakan saya ini asli laki-laki tapi rambutnya sengaja dipanjangkan karena tipe rambutnya adalah keriting gantung permanen. Jadinya emang bagus bangeeettt….

Selain rambut ini memang cantik dan memiliki daya tarik tersendiri karena dapat menimbulkan efek lebat, rambut keriting gantung juga biasanya menjadi model rambut pilihan untuk menghadiri acara-acara penting dan istimewa, misal ketika pesta pernikahan, pertunangan, menjadi bridesmaids,wisuda, ataupun pengukuhan suatu acara tertentu.

Rambut keriting gantung disebut dengan istilah tersebut lantaran bagian yang bergelombang seperti spiral biasanya berada pada bagian ujung rambut sedang bagian pangkal rambut identik dengan rambut lurus.

Tidak sedikit perempuan yang akhirnya pergi ke salon agar mendapatkan rambut keriting gantung permanen impiannya. Namun taukah kamu? Ternyata ada banyak cara yang bisa diupayakan agar dapat mengubah style rambut kita menjadi rambut keriting gantung permanen di salon.

Berikut adalah beberapa cara membuat rambut keriting gantung permanen tanpa harus pergi ke salon:

Menggulung Rambut dengan Kertas

Kalau kamu punya draft kertas revisian segunung dan bingung mau diapakan, ternyata kertas-kertas tersebut bisa dimanfaatkan lho untuk mengeritingkan rambut agar bisa menjadi keriting gantung.

Caranya adalah dengan menyiapkan potongan kertas kurang lebih 7x10 cm persegi. Semakin tebal rambut yang dimiliki, akan lebih baik jika potongan kertas yang disiapkan lebih besar. Mulai gulung rambut yang ingin dikeriting hingga menjadi bulatan. Diamkan semalaman agar mendapatkan hasil maksimal.

Esok paginya, buka seluruh gulungan dan tidak disarankan menyisir rambut agar rambut keriting gantung yang dihasilkan tidak berubah tatanannya.

Menggulung Rambut dengan Roll Rambut

Prosesnya kurang lebih sama seperti proses di atas, hanya saja penggulung rambut yang digunakan adalah roll rambut, sehingga tentu waktu yang dibutuhkan pun tidak lebih lama jika dibandingkan menggulung dengan kertas.

Setelah 2-3 jam rambut yang digulung dengan roll rambut didiamkan, lepas roll rambut dan sisir rambut menggunakan jari agar hasil yang didapatkan maksimal. 

Menggulung Rambut dengan Hairdini

Sama seperti roll rambut, namun hairdini adalah penggulung berbentuk lurus yang berbahan elastis sehingga dapat digunakan pula untuk menjadikan rambut keriting gantung. Proses penggulungannya pun sama seperti penggulung sebelumnya.

Disarankan untuk mencuci rambut terlebih dulu apabila ingin mengeritingkan rambut menggunakan hairdini agar rambut lebih mudah diatur, selain itu, rambut yang sudah digulung perlu didiamkan selama 3-5 jam.

Menggulung Rambut dengan Curling Iron

Nah, jika kita menggulung rambut dengan curling iron, maka hasil rambut keriting gantung yang didapatkan akan jauh lebih tahan lama jika dibandingkan dengan metode-metode yang sebelumnya. Perlu diketahui, jika mengeriting rambut dengan curling iron, maka kita harus memanaskan alatnya terlebih dulu sebelum digunakan.

Jika sudah dirasa cukup panas, mulailah memroses pengeritingan rambut seperti sedang mencatok rambut dengan metode spiral. Tidak perlu terlalu lama karena suhu panas dari curling iron apabila terpapar rambut terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti kerontokan rambut.

Biasanya ada pula yang bertanya, keriting permanen tahan berapa lama? Tentu jika keriting gantung genetik akan bertahan sepanjang hidup, namun jika didapat dari hasil menggulung seperti metode yang dipaparkan, maka hasilnya pun bergantung dari metode apa yang digunakan.

Nah, itu dia ulasan tentang keriting gantung permanen tanpa ke salon. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

2 komentar untuk "Keriting Gantung Permanen Tanpa Ke Salon? Ini Dia Tipsnya!"

  1. Nah ini dia tips yang ditunggu, dari kapan waktu pengen dikriting tapi belum juga ke salon. Ternyata ada tips nya

    BalasHapus
  2. Aku dulu seringnya pakai roll itu mbak, sambil tidur, jadi bangunnya sudah jadi kruwel cantik gitu

    BalasHapus