Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lidah Buaya untuk Rambut Kering? Ini Dia Manfaatnya

Lidah Buaya untuk Rambut Kering? Ini Dia Manfaatnya
Lidah Buaya untuk Rambut Kering? Ini Dia Manfaatnya

Lidah Buaya untuk Rambut Kering? Ini Dia Manfaatnya

Pasti anda sudah sering mendengar sebuah tanaman bernama Lidah Buaya? Menurut berbagai penelitian, tanaman Lidah Buaya mengandung banyak manfaat karena mengandung berbagai macam zat seperti antioksidan, kolagen, asam lemak amino, mineral sehingga terasa dingin jika diaplikasikan dan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12, dan beta-karoten.

Lidah buaya biasa disebut Aloe vera untuk istilah sains. Karena mengandung banyak manfaat itulah, maka lidah buaya pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut termasuk rambut kering.

Biasanya pada zaman dahulu, banyak pakar kecantikan di Papyrus Ebers, Mesir menggunakan gel lidah buaya yang langsung diaplikasikan di rambut. Gel tersebut berasalh dari daun lidah buaya yang dipotong-potong bagian dagingnya dan dilumatkan hingga halus.

Meski bermanfaat, namun ternyata tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya ini. Oleh sebab itu, kini, seiring perkembangan zaman, sudah banyak produk perawatan rambut yang menggunakan ekstrak lidah buaya untuk mendapatkan khasiat maupun manfaat yang sama seperti yang saat ini dilakukan oleh Dove dengan minim iritasi maupun efek samping karena telah dilakukan uji klinis agar terbukti aman dipakai.

Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk rambut kering:

Mengurangi Iritasi Kulit Kepala dan Ketombe

Salah satu penyebab keringnya rambut adalah kurangnya nutrisi yang diterima oleh rambut. Rambut yang kurang nutrisi akan mengalami masalah kulit lebih sering seperti kulit terkelupas, kemerahan, dan terasa gatal. Oleh sebab itu kurangnya nutrisi pada rambut pun dapat menyebabkan ketombe.

Penelitian dengan penggunaan lidah buaya pada tahun 1998, ditemukan fakta bahwa lidah buaya mampu mengurangi inflamasi yang diakibatkan oleh ketombe karena lidah buaya mengandung asam lemak amino.

Selain ketombe, lidah buaya tersebut juga mampu mengatasi gatal dan iritasi pada kulit kepala akibat jamur, gangguan di folikel yang menyebabkan rambut mal nutrisi dan tidak tumbuh secara optimal.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa zat-zat yang terkandung pada lidah buaya mampu meregenarasi kulit rambut sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat karena rambut menyerap zat-zat yang terkandung pada lidah buaya.

Melembabkan Rambut

Adanya proses penyerapan yang dilakukan oleh akar rambut pada lidah buaya yang diaplikasikan di kulit kepala, maka lidah buaya yang diserap oleh rambut mampu meningkatkan elastisitas helaian rambut dan memperkuat akar rambut sehingga mengurangi kekeringan yang terjadi pada rambut.

Menjadikan Rambut Lebih Halus dan Lembut

Elastisitas helaian rambut yang dipengaruhi oleh lidah buaya lambat laun akan membuat rambut terasa lebih halus dan lembut karena adanya zat anti-oksidan. Oleh sebab itu, rambut yang tadinya kering kini jika rutin diaplikasikan lidah buaya akan menjadi lebih mudah diatur.

Menguatkan Batang Rambut

Rambut yang kering tentu dapat meningkatkan kerontokan pada rambut. Namun dengan adanya kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam lidah buaya, maka zat tersebut mampu menjadikan batang rambut lebih kuat jika dibandingkan tanpa penggunaan lidah buaya.

Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat pada lidah buaya terserap oleh rambut sehingga nutrisi rambut menjadi lebih banyak dan pertumbuhan rambut menjadi lebih pesat.

Melindungi Rambut dari Sinar UVA dan UVB

Rambut yang kering biasanya disebabkan pula oleh faktor eksternal yaitu sinar UVA dan UVB, oleh sebab itu, dengan menggunakan lidah buaya, maka kandungan yang ada pada lidah buaya dan diserap oleh rambut dapat mencegah kerusakan rambut lainnya seperti mudah rusak, rapuh, kusam, berwarna, bercabang, kering dan rontok karena lidah buaya mengandung banyak vitamin yang dapat mengembalikan kilauan warna rambut dan meregenerasi sel-sel kulit kepala serta rambut yang rusak.

Jika kamu tertarik menggunakan masker rambut aloe vera, saat ini telah tersedia Dove Hair Growth Creambath untuk rambut sehat, kuat dan cantik mempesona yang komposisinya terdiri dari lidah buaya. Selain itu kita juga bisa menggunakan rangkaian shampoo dan kondisioner Dove secara teratur.

Nah, itu dia ulasan tentang Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Kering. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

6 komentar untuk "Lidah Buaya untuk Rambut Kering? Ini Dia Manfaatnya"

  1. produk dari dove ternyata ada ya. lidah buaya memang sangat bermanfaat banget nih buat masalah rambut. aku dulu pernah nyoba-nyoba juga buat masker rambut dari lidah buaya.

    BalasHapus
  2. Iya kak, aku juga suka mengginakan lidah buaya untuk masker rambut. Rupanya sekarang ada masker rambut lidah buaya yang praktis ya, enakeun!

    BalasHapus
  3. di rumah banyak lidah buaya. Tapi belum rajin oles2 ke rambut nih karena gak yakin sama manfaatnya. Ternyata lidah buaya bisa jadi solusi dari masalah2 rambut orang rumahku

    BalasHapus
  4. Nyobain ah, Dove Hair Growth Creambath apalagi mengandung lidah buaya. Cocok buat rambutku yang agak kering dan butuh nutrisi nih.

    BalasHapus
  5. Udah sering denger kalo lidah buaya ini banyak manfaatnya
    Bisa buat rambut dan wajah jg. Tp blm pernah cobain hehe

    BalasHapus
  6. Saya sejak kecil rutin dikasih lidah buaya sama mama, kebiasaan ini sekarang saya teruskan ke anak-anak

    BalasHapus