Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Membuat Kotak Hantaran Akrilik untuk Budget Pernikahan yang Lebih Terjangkau

Cara Membuat Kotak Hantaran Akrilik untuk Budget Pernikahan yang Lebih Terjangkau
Cara Membuat Kotak Hantaran Akrilik untuk Budget Pernikahan yang Lebih Terjangkau

Cara Membuat Kotak Hantaran Akrilik

Jadi waktu saya mau menikah, kotak hantaran akrilik sudah sangat diminati dan sedang menjadi tren untuk dekorasi seserahan yang tampak lebih mewah daripada biasanya.

Selain mewah, kelebihan dari penggunaan kotak akrilik sebagai kotak hantaran adalah lebih ringan daripada kaca, tahan benturan, terlihat lebih elegan, dan lebih aman. Sebelumnya saya tidak terfikirkan untuk mencari cara membuat kotak hantaran akrilik untuk persiapan pernikahan yang lebih terjangkau.

Betapa tidak terjangkau jika membuat sendiri dan kemudian bisa difungsikan kembali untuk disewakan (menjadi ladang bisnis) mengingat kala itu sewa kotak hantaran akrilik bisa mencapai 40-50 ribu rupiah per kotak.

Yaaaa kalo dipikir-pikir siapa juga manten yang masih sempet kepikiran untuk membuat kotak hantaran akrilik sendiri kalau sudah mau mendekati hari H. Tetapi kalo masih jauh-jauh hari boleh lah yaaa…

Ada beberapa versi yang saya lihat di Youtube terkait cara membuat kotak hantaran akrilik, mulai dari kayu dengan ornamen hingga menggunakan kardus bekas untuk budget yang lebih terjangkau atau dapat dialokasikan untuk vendor lainnya seperti make up pengantin maupun undangan pernikahan.

Berikut adalah cara membuat kotak hantaran akrilik yang telah saya lihat dari berbagai sumber di Youtube:

Ukuran Kotak Hantaran Akrilik

Pertama siapkan dulu ukuran kotak hantaran akrilik yang ingin dibuat. Biasanya kotak hantaran akrilik memiliki ukuran standar S hingga XL yaitu:

S = 30 cm x 20 cm x 18 cm

M = 35 cm x 25 cm x 22 cm

L = 40 cm x 30 cm x 26 cm

XL = 45 cm x 35 cm x 30 cm

Menyiapkan Alat dan Bahan

Setelah ukuran kotak hantaran akrilik telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Tergantung teman-teman yang ingin membuat.

Kalau ingin menggunakan kotak hantaran akrilik dari kayu tentu biasanya hal tersebut telah dilakukan oleh pengrajin kayu yang lebih expert dan proper dalam hal potong memotong kayu hingga menjadi sebuah kotak dasar hantaran yang cantik.

Sedangkan jika menggunakan kardus, teman-teman cukup menyiapkan kardus bekas maupun kertas karton tebal atau papan triplek, penggaris, gunting, cutter, lem tembak, double tip, pita dan bunga secukupnya, alat tulis.

Membuat Pola Persegi untuk Bingkai Kotak Hantaran

Setelah alat dan bahan siap, mulai membuat pola persegi untuk kotak dasar hantaran, lebihkan ukuran sebanyak 0.5 cm dari ukuran aslinya. Jika menggunakan kayu sebagai bingkainya, teman-teman bisa menggunakan alat ketam dan juga mengamplas kayu.

Namun jika menggunakan kardus cukup dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah seluruh bagian kotak jadi, maka mulailah menyusun menjadi persegi empat untuk dasar hantaran akrilik.

Dasar Kotak Hantaran Akrilik

Jika teman-teman menggunakan kayu sebagai bahan dasar bingkainya, maka untuk merekatkannya, teman-teman bisa menggunakan AirNailer dengan paku F25 atau panjang 25 mm sebagai perekat antar sisi bingkai.

Namun jika menggunakan kardus, lem tembak bisa menjadi pilihan perekat. Jika sisi-sisi bingkai kotak hantaran telah jadi, maka waktunya membuat dasar bingkai dengan papan triplek dengan ketebalan 3 mm atau karton tebal sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Potong papan triplek ataupun karton dengan cutter berkali-kali hingga dapat dipastikan triplek maupun karton putus digaris yang seharusnya. Jika kita menggunakan triplek, maka pasang triplek ke bagian bingkai dengan menggunakan strapless tembak, namun jika menggunakan kardus, lem tembak pun cukup.

Proses membuat kakinya pun sama dengan membuat sisi bingkai hanya saja ukurannya lebih kecil.

Pembuatan Akrilik untuk Hantaran

Tahap selanjutnya adalah proses pembuatan akrilik. Biasanya ukuran ketebalan akrilik yang digunakan adalah 2 mm. Langkah pertama adalah memotong akrilik sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Kemudian lepas lapisan akrilik disetiap sisi untuk mempermudah proses pengeleman. Pastikan juga untuk mengikir setiap sudut akrilik.

Selanjutnya berikan tanda untuk proses penekukan akrilik dengan pensil ataupun pulpen. Proses penekukan akrilik biasanya menggunakan alat khusus untuk menekuk akrilik.

Setelah proses penekukan selesai, gunakan lem khusus akrilik untuk merekatkan akrilik yang satu dengan yang lain lalu beri pengunci bawah akrilik dengan menggunakan akrilik berketebalan 5 mm.

Jika proses pengeleman tidak beraturan, teman-teman bisa menggunakan sanpoli atau minyak kayu putih untuk menghilangkan sisa lem.

Estimasi Perhitungan Bisnis Kotak Hantaran Akrilik

Proses cara membuat kotak hantaran akrilik pun selesai. Perlu diketahui, bisnis akrilik sangat menguntungkan dengan modal yang terjangkau dan dapat balik modal dengan waktu yang cepat.

Bahkan kini tanpa harus membuatnya secara mandiri, kita pun bisa membeli kotak hantaran akrilik tersebut di e-commerce kesayangan kita dan menyewakannya kembali sesuai dengan harga sewa pada umumnya di kota teman-teman.

Harga Sewa Kotak Hantaran Akrilik

Biasanya kotak hantaran akrilik dijual mulai dari 50-200 ribuan. Jika kita menyewakan setiap kotaknya 50 ribu, maka tentu kita sudah balik modal dari harga jual minimum yaitu 50 ribu rupiah.

Nah, itu dia ulasan tentang Cara Membuat Kotak Hantaran Akrilik untuk Budget Pernikahan yang Lebih Terjangkau, sekian semoga ulasan ini bermanfaat. Dukung terus konten yang dibuat oleh tim Iffia Rahman dengan subscribe Youtube di bawah ini:

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kotak Hantaran Akrilik untuk Budget Pernikahan yang Lebih Terjangkau"