Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Pesantren untuk Anak SD yang Perlu Diketahui Ayah Bunda

Pesantren untuk Anak SD yang Perlu Diketahui Ayah Bunda
Pesantren untuk Anak SD yang Perlu Diketahui Ayah Bunda

Pesantren untuk Anak SD

Kali ini saya akan mengulas beberapa pesantren untuk anak SD yang pernah saya temui dan juga beberapa diantaranya sangat terkenal hingga cukup banyak ulasan tentang pondok pesantren untuk anak sd tersebut.

Berikut adalah pondok pesantren untuk anak SD yang perlu diketahui ayah bunda:

Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal

Dulu adik saya pernah mondok di sini dari TK hingga tamat MI. Kebetulan saya sendiri pernah mondok ketika SMP nya saja. Di pondok pesantren untuk anak SD ini, tidak hanya disediakan sekolah untuk SD tetapi seperti yang saya bilang, adik saya pernah mondok di sini dari TK.

Oleh sebab itu, jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal tersedia mulai dari TK hingga SMK dengan beberapa asrama pondok pesantren yang telah di sediakan baik untuk santri putra maupun putri.

Di pondok ini, pihak pondok pesantren menjadwalkan hari penjengukan santri setiap satu bulan sekali. Untuk makannya, disediakan makan 3 x sehari dengan lauk pauk beraneka ragam mulai dari tahu tempe hingga telur. Jika santri ingin mengonsumsi lauk pauk yang lain, santri bisa membelinya di sekitaran pondok pesantren.

Di pondok pesantren ini, anak ayah bunda bisa mempelajari ilmu kitab kuning dan menghafalkan al-Qur’an tergantung sesuai keinginan orang tua dan minat si kecil. Kalau dulu adik saya dan saya kebetulan mengambil jurusan tahfidzul Qur’an sesuai dengan permintaan orang tua.

Alamat pondok pesantren ini ada di desa Sukamerta, kecamatan Rawamerta, kabupaten Karawang. Kalau dari Jakarta naik bis bisa berhenti di pasar Johar kemudian naik angkot satu kali ke desa Sukamerta. Biasanya akan diturunkan di depan asrama al-Banat.

Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an

Selanjutnya pondok pesantren untuk anak SD yang dikenal sebagai pesantren terbaik kategori tahfidzul Qur’an adalah Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an. Saya sudah pernah ke Kudus, tetapi untuk mengunjungi pondok ini belum pernah karena biasanya hanya berziarah ke makam Sunan Kudus.

Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q (MI Tahfidz El Muna Q)

Kemudian pondok pesantren untuk anak SD yang juga mendidik santrinya menjadi generasi hamilul Qur’an adalah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta dibawah asuhan KH. Dr. Muhammad Kholid Arif Rozaq beserta istri.

Meski tergolong baru, namun tentu dengan sanad dan berada di naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Munawwir serta diampu oleh staff pengajar yang terdidik, Pondok pesantren untuk anak SD ini sangat direkomendasikan untuk ayah bunda yang ingin memiliki buah hati yang dapat menghafalkan al-Qur’an bersanad.

Kegiatan rutin di pondok pesantren ini meliputi senam bersama setiap hari Jum’at, Outbond, Outing class, Ziarah Maqbaroh, Sholat dhuha dan dzuhur berjama’ah, Sima’an sebulan sekali

Ekstrakurikuler seperti Kesenian Hadroh, Kesenian Tari, Kesenian Angklung, Sains, Pramuka, MHQ, English Class.

Fasilitas yang disediakan di pondok pesantren untuk anak SD yang menetap di sini ada ruang kelas yang representatif, musala, perpustakaan, poskestren ( Pos Kesehatan Pesantren), mini Market (Q Mart), makan siang dan snack.

Untuk informasi lengkapnya, ayah bunda bisa berkunjung ke link berikut ini: http://almunawwirkomplekq.com/pendidikan/madrasah-ibtidaiyah-mi/

Pondok Pesantren Rahmatul Ummah Li Tahfidzi Kitabirrahmah

Terakhir pondok pesantren untuk anak SD yang dapat membimbing buah hati ayah bunda untuk menghafalkan al-Qur’an adalah Pondok Pesantren Rahmatul Ummah Li Tahfidzi Kitabirrahmah. Pondok pesantren ini berada di kelurahan Tanah Sereal, kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Untuk saat ini, pondok pesantren Rahmatul Ummah dikhususkan untuk santriwati usia SD yang rata-rata santrinya berdomisili di sekitar pondok. Sehingga untuk gedung sekolah SD nya pun masih ikut SD di sekitar pondok pesantren.

Nah itu dia ulasan tentang pondok pesantren untuk anak SD yang perlu ayah bunda ketahui. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pesantren untuk Anak SD yang Perlu Diketahui Ayah Bunda"