Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Manfaat Mobile Banking untuk Kebutuhan Ibu Rumah Tangga

Manfaat Mobile Banking

Manfaat Mobile Banking untuk Kebutuhan Ibu Rumah Tangga
https://www.istockphoto.com/id/foto/ibu-muda-asia-yang-sibuk-duduk-di-tempat-tidur-menggunakan-smartphone-sementara-putri-gm1223126991-359161430

Manusia tidak dapat terlepas dari kebutuhan sehari-hari yang memerlukan anggaran besar, lebih-lebih bila sudah menikah serta memiliki buah hati, tentu saja kebutuhan rumah tangga akan menjadi semakin banyak. 

Dana yang dibutuhkan juga akan membuat pusing kepala. Mengatur keuangan rumah tangga menjadi hal yang tidak mudah. Diperlukan kemampuan khusus agar nantinya penghasilan yang didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan. 

Menggunakan mobile banking menjadi solusi mudah yang bisa dilakukan ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan. 

Arti mobile banking sendiri merupakan layanan berupa aplikasi mobile yang dibuat bank agar nasabah lebih mudah melakukan transaksi keuangan. Ada banyak bank yang memberikan banyak fitur demi menunjang kebutuhan para nasabah. Salah satunya adalah PermataBank dengan aplikasi PermataMobile X.

Keuntungan Ibu Rumah Tangga Menggunakan Mobile Banking

Manfaat Mobile Banking untuk Kebutuhan Ibu Rumah Tangga
https://www.istockphoto.com/id/foto/ibu-muda-asia-yang-bekerja-dari-rumah-dengan-laptop-dan-berbicara-di-telepon-gm1222437025-358709957

Seperti arti mobile banking yang sudah disinggung, di dalam mBanking ini terdapat berbagai macam fitur sehingga akan mempermudah ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan bulanan. Berikut berbagai keuntungan menggunakan mBanking bagi ibu rumah tangga, antara lain:

Nyaman Digunakan

Menggunakan mBanking di masa pandemik bisa membantu ibu rumah tangga membatasi interaksi sosial, hingga pada akhirnya bisa memutus rantai tersebarnya virus. Hal tersebut tidak terlepas dari kemudahan yang dimiliki mBanking. 

mBanking bisa digunakan kapan saja serta dimana saja, selama memiliki smartphone serta terhubung dengan jaringan internet. Bukan hanya itu, mBanking memiliki tampilan antar muka yang modern. Perubahan ini dilakukan namun tetap memberikan pengalaman penggunaan terbaik pada pelanggan. 

Praktis Dalam Pengelolaan Keuangan

Ibu rumah tangga yang menggunakan mobile banking bisa dengan mudah melakukan transfer dana, cek saldo, serta melakukan berbagai macam transaksi lain. 

Seluruh transaksi yang dilakukan bisa dari aplikasi perbankan yang berada di dalam ponsel tanpa harus repot pergi ke bank. 

mBanking bukan hanya memberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran, namun juga bisa digunakan pengguna untuk melakukan pembayaran tagihan lain seperti tiket perjalanan, top up e-wallet dan masih banyak lagi. 

Sebagai seorang ibu rumah tangga, melakukan pembayaran tagihan seperti ini menjadi sebuah kegiatan sehari-hari bukan? 

Alokasi Anggaran Bisa Lebih Mudah

Dengan menggunakan mobile banking, alokasi anggaran bisa lebih mudah. Contohnya, kamu ingin membagi 30% pendapatan untuk tabungan dan investasi, sedangkan 50% untuk biaya hidup.

Ketika sudah mendapatkan persentase ini, ibu rumah tangga bisa langsung membaginya menggunakan aplikasi mBanking, tentu hal ini bisa lebih praktis, dan tidak tergoda untuk mengalihkan dana tersebut ke hal-hal yang tidak perlu. 

Lebih Mudah Mengkalkulasi Pendapatan

Ketika tidak menggunakan mobile banking, mutasi rekening jauh lebih ribet dari yang dibayangkan, namun ketika sudah menggunakan aplikasi ini, melakukan mutasi rekening bisa lebih mudah sehingga kalkulasi pendapatan bulanan bisa lebih mudah diperoleh. 

Dengan cara ini, ibu rumah tangga bisa mengetahui besaran dana yang bisa dialokasikan untuk masing-masing kebutuhan mulai dari primer, sekunder hingga tersier. 

Pilihan Aplikasi Mobile Banking Terkini

Saat ini tidak sedikit aplikasi mBanking yang bisa digunakan, namun kamu harus memilih aplikasi yang memiliki fitur lengkap, salah satunya adalah PermataMobile X.

PermataMobile X merupakan aplikasi yang dimiliki oleh PermataBank. PermataMobile X mempunyai berbagai fitur yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabah.

Berikut berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X, antara lain:

Sangat Praktis

Mobile banking PermataMobile X dapat digunakan dengan praktis, kamu bisa mengecek semua akun dari satu layar saja. Kamu bisa transfer, bayar kartu kredit hingga isi pulsa loh!

Pengecekan Mutasi Bisa Dilakukan dengan Mudah

Mutasi transaksi bisa dilakukan ke seluruh jenis akun sampai 12 bulan terakhir. 

Terdapat Ratusan Fitur

PermataMobile X memiliki berbagai fitur untuk memudahkanmu melakukan transaksi perbankan. 

Hal yang Bisa Dilakukan Menggunakan PermataMobile X

Dengan menggunakan PermataMobile X, berikut berbagai hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Pengecekan mutasi sampai 12 bulan terakhir

2. Melakukan pembayaran tagihan seperti telepon, listrik, internet dan lainnya

3. Melakukan pengisian pulsa, token listrik e-wallet serta voucher game

4. Membuat kartu kredit, rekening tabungan hingga pengajuan KTA (Kredit Tanpa Agunan) secara online tanpa perlu pergi ke kantor cabang

5. Melakukan pembelian, penjualan hingga switching transaksi reksadana.

QR Pay

Melakukan pembayaran menggunakan fitur QR Pay ke berbagai merchant atau toko. Dengan adanya fitur ini, nasabah hanya perlu melakukan pembayaran dengan menggunakan scan barcode, sehingga nasabah bisa melakukan transaksi secara praktis dan tidak perlu mengisi e-wallet.

Mobile Cash

Melakukan tarik tunai di gerai Indomaret menggunakan fitur Mobile Cash. Untuk menggunakan fitur ini, nasabah hanya perlu masuk ke menu lainnya di PermataMobile X, kemudian masuk di menu mobile cash dan pilih Indomaret. Masukkan informasi seperti nomor handphone, nantinya nasabah akan menerima cash code, berikan cash code ini pada kasir Indomaret dan lakukan penarikan tunai.

Whatsapp Gift

Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan ke nomor WhatsApp, ada berbagai macam ucapan menarik yang bisa dijadikan sebagai pilihan. 

Cara Mendaftar Mobile Banking PermataMobile X

Untuk mendaftar PermataMobile X, berikut langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Download PermataMobile X

2. Buka aplikasi kemudian pilih mulai

3. Bila sudah memiliki rekening PermataBank, kamu bisa memilih ya, ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”

4. Bila tidak, kamu nantinya akan diarahkan ke PermataStore untuk membuka rekening terlebih dulu

5. Pilih tidak ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”

6. Pilih, apakah nantinya kamu akan mendaftar PermataMobile X dengan menggunakan kartu kredit atau nomor handphone

7. Ikuti seluruh petunjuk dan ID mu dapat digunakan.

PermataMobile X menjadi solusi bagi ibu rumah tangga yang bingung mengatur keuangan rumah tangga, dengan menggunakan mobile banking PermataMobile X, transaksi akan lebih cepat, aman dan mudah. 

Nah, itu dia ulasan tentang manfaat mobile banking untuk kebutuhan ibu rumah tangga. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

7 komentar untuk "Manfaat Mobile Banking untuk Kebutuhan Ibu Rumah Tangga"

  1. mobile banking emang bantu banget kebutuhan transaksi finansial ya bu. transfer dan jual beli apapun jadi lebih mudah dan praktis

    BalasHapus
  2. Oh iya banget itu
    Ibu rumah tangga butuh mobile banking
    Buat bayar bayar tagihan bulanan dan transaksi ini itu juga

    BalasHapus
  3. Karena bisa pakai QR Pay jadi memudahkan banget kalo belanja ya. Nggak perlu repot bawa bawa uang cash karena tinggal scan QR code saja.

    BalasHapus
  4. Kalau untuk membuka rekening baru (yang di PermataStore kalau belum punya ya katanya di atas), bisa online juga nggak, Mom?

    BalasHapus
  5. Iya kak, dengan mobile banking hidup jadi lebih efisien karena gak perlu bermacet2 keluar rumah

    BalasHapus
  6. Saya juga selalu mengandalkan mobile banking untuk transaksi sehari-hari, apalagi sejak ada QrRis, bayar tukang bakso depan rumah tinggal tap aja :)

    BalasHapus
  7. saya juga menggunakan mobile banking. kalaupun nggak ada uang di rekening, syukurnya dekat rumah ada mesin setor tunai, jadi bisa setor uang di sana. rekening terisi lagi, dan bisa pakai mobile bankingnya.

    BalasHapus