Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic
Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic

Sebagai pemilik motor matic sejak tahun 2012, tentu saya kerap berpergian dengan motor matic kesayangan. Bahkan tidak hanya untuk berpergian ke kampus atau ke kantor, tetapi juga untuk jalan-jalan keluar kota.

Jujur kalau saya pribadi sih nyaman menggunakan motor matic meski harus berkendara jarak jauh karena mudah dioperasikan dan sat set sat set gak terlalu sering kena macet. Yang terpenting kan kondisi motor sehat wal afiat.

Terakhir banget berkendara jarak jauh dengan motor matic kesayangan adalah beberapa bulan yang lalu ketika saya ingin berkunjung ke makam ayah saya dari Jakarta menuju Majalengka.

Berikut adalah tips berkendara jarak jauh dengan motor matic:

Cek Kondisi Ban

Sebagai komponen yang wajib ada dalam tubuh motor, sangat penting bagi kita untuk mengecek kondisi ban apakah sudah gundul atau masih layak digunakan.

Hal ini dikarenakan jika kita memaksakan menggunakan ban yang sudah gundul untuk berkendara jarak jauh, potensi untuk tergelincir jauh lebih besar jika dibandingkan berkendara jarak jauh dengan kondisi ban yang masih baik.

Cek Kondisi Rem Depan dan Belakang

Kondisi rem dan kampas pada motor matic sangatlah penting untuk dicek secara berkala sebelum bepergian jarak jauh menggunakan motor matic.

Jika ternyata kondisi rem dan kampas motor matic sudah tidak layak untuk digunakan dalam rangka bepergian jarak jauh, maka sebaiknya segera bawa motor matic ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Ganti Oli

Berikutnya adalah selalu rutin mengecek dan mengganti oli motor secara berkala. Gunakan oli khusus untuk motor matic agar kondisi mesin motor yang akan digunakan bepergian jarak jauh senantiasa prima. Baca juga rekomendasi oli untuk motor matic.

Cek Kondisi Lampu

Seperti yang kita ketahui, lampu pada motor tentu akan lebih bermanfaat jika digunakan saat berkendara di malam hari. Namun alangkah baiknya jika kondisi lampu nyala secara keseluruhan baik lampu pada bagian depan, belakang, maupun sein kanan kiri.

Hal ini dikarenakan lampu motor sebagai tanda jalan dapat menjaga keselamatan kita dari pengguna motor lainnya agar dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Jika kondisi lampu pada bagian tertentu mati, maka sebaiknya segera pergi ke bengkel terdekat untuk diperbaiki atau diganti.

Pastikan Kelengkapan Berkendara

Selanjutnya tips berkendara jarak jauh dengan motor matic adalah senantiasa menggunakan helm, jaket, sarung tangan, masker, kaos kaki, dan sepatu agar aman dan nyaman selama berkendara.

Jangan lupa puka untuk membawa perlengkapan data diri seperti KTP, SIM, dan STNK. Selain itu membawa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan pribadi, baju ganti, bekal makanan, alat ibadah, dan uang saku.

Siapkan Asuransi Motor dari Tugu Insurance

Agar perjalanan jarak jauh dengan motor matic semakin nyaman dan aman. Untuk meminimalisir kejadian yang tidak ingin diharapkan, kita bisa mendaftarkan asuransi motor pada motor matic kesayangan kita.

Dengan mempersiapkan asuransi motor untuk kejadian tak terduga, kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak karena kita dapat mengklaim asuransi untuk biaya tersebut.

Oleh sebab itu penting bagi kita pula untuk memilih asuransi motor yang tepat dan cepat dalam proses klaim dan penanganannya seperti pencarian bengkel, sparepart, dan sejenisnya.

Salah satu rekomendasi penyedia asuransi motor adalah Tugu Insurance dari PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Cara Merawat Mobil Matic

Selai telah terdaftar OJK, PT. Asuransi Tugu Pratama juga telah menyertakan PSAKBI atau Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia untuk seluruh nasabahnya.

Nah, itu dia ulasan tentang Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic. Yang terpenting ketika berkendara jarak jauh selalu cek pula bensin pada tangki motor. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic"