Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tips Merawat Mobil Matic yang Benar Agar Performa Lebih Prima

Tips Merawat Mobil Matic yang Benar Agar Performa Lebih Prima
Tips Merawat Mobil Matic yang Benar Agar Performa Lebih Prima

Tips Merawat Mobil Matic

Tips merawat mobil matic dengan benar menjadi hal penting. Apabila mobil matic Anda membutuhkan perawatan maka dapat mengunjungi bengkel. Ketertarikan masyarakat Indonesia pada mobil matic terus mengalami peningkatan. Bagi Anda yang memilikinya, tentu harus memahami cara merawatnya. Hal ini karena ada beberapa perbedaan dengan merawat mobil manual pada umumnya.

Terutama bagian transmisinya yang menjadi paling rentan mengalami kerusakan. Apabila masih dianggap sepele, nantinya hanya akan menambah masalah pada performa dari mobil tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui permasalahan yang muncul hingga cara merawatnya yang benar.

Inilah Tips Merawat Mobil Matic yang Benar

Mengetahui perawatan mobil matic yang benar agar tetap menjaga performanya. Berikut ini beberapa tips penting agar mobil matic dalam performa prima.

Panaskan Mobil Setiap Hari                    

Memanaskan mobil setiap hari memang sebuah aktivitas perawatan yang wajib dilakukan. Meski terkesan sepele, namun mobil matic lebih sulit dalam urusan memanaskan mesin. Apabila memanaskan mobil setiap harinya, maka akan memiliki mesin yang prima dan jarang mengalami gangguan.

Selain itu, dengan rutin memanaskan mesin setiap hari maka oli akan tetap merata ke seluruh komponen mesin. Pastikan saat memanaskan mesin, transmisinya dalam posisi netral dan menyala tanpa menggunakan AC.

Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Tips merawat mobil matic lainnya dengan mengganti oli mesin secara berkala. Perawatan mesin biasanya tergantung pada kesehatan oli mobil dan oli transmisi. Sebaiknya perhatikan jadwal penggantian oli transmisi secara berkala didasarkan pada jarak tempuh mobil.

Umumnya mobil matic harus melakukan penggantian oli mobil apabila telah menempuh jarak 25 ribu km hingga 50 ribu km. Pastikan memilih oli berkualitas baik dan mengecek kondisi oli melalui dipstick. Apabila posisi oli dalam kondisi normal, maka kondisi oli dalam kondisi baik. Namun apabila posisi oli berada di garis terendah, maka artinya terdapat kebocoran oli dan perlu mendapatkan penanganan.

Rutin Melakukan Servis

Servis mobil memang perlu dilakukan secara rutin agar performa mobil tetap prima. Anda dapat menemukan jawabannya melalui buku panduan. Pada buku panduan biasanya akan dijelaskan semua hal yang perlu dilakukan mengenai perawatan mobil.

Sehingga Anda perlu meluangkan waktu untuk membacanya saat membeli mobil. Pentingnya melakukan servis agar mesin mobil menjadi lebih awet. Terlebih apabila Anda sering kali menggunakan mobil tersebut untuk ke luar kota dalam urusan pekerjaan atau bisnis.

Gunakan Persneling dengan Tepat

Tips merawat mobil matic lainnya yakni menggunakan persneling dengan tepat. Sebaiknya Anda perlu memperhatikan cara penggunaan persneling saat berkendara. Terutama saat sedang terburu-buru atau terjebak macet. Pastikan untuk menghindari ganti persneling saat mobil tersebut belum sepenuhnya berhenti.

Kebiasaan ini tanpa disadari juga dapat mengakibatkan kerusakan mesin mobil secara perlahan. Hal yang serupa juga berlaku saat akan memarkirkan mobil. Pastikan untuk tidak memindahkan persneling menjadi “D”, kemudian mematikan mobil secara paksa. Cara ini hanya akan mempercepat terjadinya kerusakan mesinnya.

Lakukan Uji Jalan

Mobil matic memang perlu digunakan setiap hari untuk aktivitas harian. Meski Anda tidak menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama, namun pastikan untuk mengendarai mobil tersebut setiap beberapa bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi adanya perubahan yang signifikan terhadap kondisi mesinnya.

Perhatikan apabila ada guncangan tak biasa, terutama saat memindahkan transmisi atau perubahan tak nyaman lainnya. Hal ini karena berhubungan dengan kesehatan gearbox saat mobil jarang digunakan sehingga oli transmisinya mengental.

Kontrol Kondisi Valve

Tips merawat mobil matic lainnya yakni dengan mengontrol kondisi valve. Pada mobil matic terdapat komponen valve yang dapat mengalami kebocoran. Hal ini karena cara memindahkan transmisinya yang terlalu kencang dan cepat. Apabila valve mengalami kebocoran, maka akan merambat pada komponen transmisi lainnya dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Bahkan kerusakan valve juga diakibatkan oleh hentakan gas yang terlalu agresif. Sehingga kontrol kondisi valve secara berkala menjadi salah satu cara merawat mobil matic yang sangat penting.

Hindari Menginjak Gas Tiba-tiba

Mobil matic memang dirancang untuk berkendara santai dan tidak mengemudi terlalu agresif. Untuk itu Anda perlu menginjak gas secara perlahan dari posisi berhenti agar laju mobil terasa halus. Hal ini juga berpengaruh terhadap kondisi mobil yang akan cepat rusak, apabila menginjak gas secara tiba-tiba.

Peka Terhadap Kondisi Mobil Saat Berkendara                       

Setiap pemilik mobil pastinya selalu dapat merasakan kondisi mobilnya. Apalagi saat merasa ada sesuatu yang tak wajar, baik itu kerusakan kecil maupun besar. Apabila sudah menemukannya, maka perlu segera membawa mobil matic tersebut ke bengkel. Pastikan agar tidak membiarkannya berlarut-larut, apabila tidak ingin biayanya semakin membengkak.

Berbagai tips merawat mobil matic yang benar penting untuk dipahami. Apabila ingin melakukan perawatan mobil matic, dapat mengunjungi bengkel mobil terdekat dari lokasi saya. Saat ini Otoklix memiliki mitra 1000+ bengkel umum pilihan di Jabodetabek. Harganya yang transparan dan diberitahukan saat awal booking. Bahkan pelayanan service yang diberikan juga bergaransi.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Tips Merawat Mobil Matic yang Benar Agar Performa Lebih Prima"