Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Alasan Cruise Control Menjadi Bagian Penting pada Mobil

Alasan Cruise Control Menjadi Bagian Penting pada Mobil
Cruise Control

Cruise Control

Pada mobil-mobil keluaran baru, kini telah dilengkapi fitur keamanan tambahan berupa cruise control. Tadinya fitur ini hanya ada pada mobil-mobil mewah saja. Seiring berjalannya waktu dan kebutuhan serta kecanggihan teknologi, fitur ini kini telah tersemat di mobil-mobil kisaran harga Rp200jutaan sekalipun.

Bahkan tak hanya mobil sedan mewah saja, tapi juga ada di mobil city car, SUV dan MPV. Beberapa mobil Suzuki sendiri seperti Suzuki Ertiga Hybrid dan Suzuki S-Cross juga sudah dilengkapi fitur cruise control. 

Fitur ini berfungsi untuk mengatur laju kecepatan mesin tanpa harus menginjak pedal gas dan rem. Cruise control sendiri kerap disebut dengan speed control atau auto-cruise. Banyak dari produsen mobil yang menjadikan fitur ini sebagai salah satu fitur unggulan yang ditawarkan.

Namun sebenarnya seberapa pentingkah keberadaan cruise control untuk perjalanan Anda? Simak dulu ulasan di bawah ini untuk cari tahu!

Mengemudi jadi lebih leluasa

Penggunaan cruise control mengharuskan Anda berada pada kecepatan tertentu, biasanya di atas 60km per jam untuk bisa mengaktifkan fitur ini. Anda bisa dengan mudah mengatur laju kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas maupun rem.

Cukup dengan mengatur tombol cruise control yang ada pada bagian setir, Anda bisa mengurangi dan menambah kecepatan laju kendaraan. Hal ini tentu membuat pengemudi jadi lebih rileks dan bisa mengistirahatkan kaki sejenak. 

Cocok untuk perjalanan jauh

Dengan adanya fitur cruise control, dapat dikatakan bahwa mobil bisa bergerak semi otomatis. Penggunaannya tentu sangat bermanfaat jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Terutama jika melewati jalanan yang lengang dan monoton seperti jalan tol.

Namun penggunaan cruise control di jalan tol juga perlu tetap diperhatikan. Sebab Anda harus memastikan jalur yang Anda lalui harus benar-benar kosong. Jika kendaraan cukup padat, sudah dipastikan fitur ini tidak terpakai.

Hindari juga pemakaian cruise control saat hujan, sebab biasanya jalanan akan basah dan licin. Mengaktifkan cruise control saat kondisi jalan seperti ini bisa memicu mobil untuk tergelincir dan membahayakan keselamatan. 

Memiliki fitur pengereman otomatis

Selain kemudahan mengatur kecepatan hanya dalam menekan tombol (+) atau (-) pada gagang kemudi saja, cruise control juga biasanya telah dilengkapi sensor rem yang membuat mobil mampu melakukan pengereman otomatis.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Matic

Dengan fungsi rem otomatis, Anda bisa dengan mudah menjaga jarak dengan mobil di depan. Namun tidak semua mobil memiliki fitur pengereman otomatis ini sehingga Anda tetap harus melakukan pengereman secara manual.

Tertarik untuk memiliki mobil Suzuki dengan fitur cruise control? Cari tahu jenis mobil apa saja yang bisa Anda pilih berikut dengan spesifikasi lengkapnya dengan mengunjungi https://www.suzuki.co.id/ 

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Alasan Cruise Control Menjadi Bagian Penting pada Mobil"