Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Bimbel Online SMA Terbaik untuk Belajar Dari Rumah

Tips Memilih Bimbel Online Terbaik untuk Anak SMA
Bimbel Online SMA Terbaik untuk Belajar Dari Rumah

Bimbel Online SMA

Masa SMA bisa dibilang adalah masa krusial dalam pendidikan anak di Indonesia. Pasalnya ketika SMA, anak-anak mulai mempertimbangkan jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Tips Memilih Bimbel Online Terbaik untuk Anak SMA

Tak heran anak SMA masa kini akhirnya mengikuti aneka pelajaran tambahan dari Bimbel Online. Selain hemat waktu, Bimbel online harganya juga sangat terjangkau, klik di sini untuk rekomendasinya. 

Tips Memilih Bimbel Online SMA Terbaik

Lalu, apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan mengambil pelajaran tambahan di Bimbel online? Berikut ini adalah tips memilih Bimbel online terbaik untuk anak SMA yang dapat kamu jadikan panduan untuk memilih Bimbel yang tepat. Simak sama-sama yuk!

Perhatikan Review dan Rating dari Pengguna

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan bergabung dengan bimbel online adalah review dan rating yang diberikan oleh pengguna. Kamu bisa melihat review dan rating ini di Play Store atau App Store sebelum download aplikasi Bimbel online.

Cara lain yang bisa kamu tempuh untuk melihat review dan rating Bimbel ini adalah melalui marketplace di mana Bimbel tersebut ditawarkan. Para pengguna biasanya diminta untuk meninggalkan review yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang akan berniat untuk bergabung dengan Bimbel tersebut.

Kamu juga bisa mencari tahu review dari Bimbel yang kamu inginkan menggunakan mesin pencari online. Mesin pencari online ini secara efektif akan memberikan hasil yang menyeluruh termasuk di akun sosial media maupun website dan blog pribadi.

Memang review ini sifatnya personal karena sesuai pengalaman masing-masing orang, namun tak ada salahnya untuk membaca review-review tersebut sebagai salah satu acuan dalam memilih Bimbel terbaik bukan. 

Coba Kelas Gratis

Menurut pepatah, kamu tidak akan tahu kualitas suatu barang atau jasa kalau kamu belum mencobanya sendiri.

Nah, supaya kamu tahu kualitas dari kelas Bimbel online yang ingin kamu ikuti, tak ada salahnya lho bergabung dengan kelas trial atau kelas uji coba. Namanya juga kelas uji coba, pastinya kelas ini gratis dong dan biasanya diperuntukkan bagi pengguna baru. 

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengukur kenyamanan aplikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan seperti program pengembangan diri. Kalau aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan kamu, maka langkah selanjutnya adalah melanjutkan bimbingan belajar dengan menggunakan versi berbayar. 

Memang saat kelas uji coba waktu yang diberikan sangat terbatas dan fiturnya kemungkinan kurang bervariasi. Apabila kamu menggunakan fitur berbayar lengkap seperti di halaman ini tentunya kamu bisa menggunakan seluruh fitur yang ditawarkan.

Pastikan Hak Cipta Materi Ajar

Hak Cipta atau copyright untuk materi ajar adalah hal penting lain yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memilih Bimbel online. Hak cipta sendiri termasuk ke dalam kekayaan intelektual atas keabsahan materi ajar. Adanya hak cipta juga menjadi salah satu indikasi kualitas dari suatu bimbingan belajar. 

Apabila hak cipta atau copyright ini sudah dimiliki oleh Bimbel, maka kualitasnya pun biasanya bisa dipertanggungjawabkan.

Kamu sebagai pengguna pun tentunya tidak perlu was-was saat belajar karena lembaga Bimbel incaran kamu patuh terhadap hukum dan tentunya tidak akan di-banned ke depannya karena memiliki materi atau konten yang sudah sah secara hukum. 

Pertimbangkan Kualifikasi dan Pengalaman Tutor Online

Kebutuhan masing-masing siswa tentunya sangat bervariasi, tidak ada yang sama persis. Oleh karena itu penting juga memastikan kualifikasi dan pengalaman mengajar tutor online kamu. Dalam aplikasi bimbingan online biasanya akan dituliskan apa saja keahlian yang mereka miliki dan gaya mengajar mereka.

Gaya mengajar yang menyenangkan dan tidak membuat mengantuk biasanya menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari oleh anak SMA yang ingin mendapatkan tambahan materi melalui Bimbel online. 

Biaya yang Terjangkau

Faktor lain yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih sebuah bimbingan belajar tentu saja faktor biaya. Pastikan Bimbel yang hendak kamu pilih sesuai dengan bujet yang kamu miliki.

Hal ini dikarenakan setiap Bimbel online biasanya mematok harga yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Kualitas Bimbel online juga tidak bisa dilihat dari harga paket yang ditawarkan. 

Satu yang harus diingat baik-baik, Bimbel yang bermutu tidak harus mahal apalagi kalau dibandingkan dengan bimbel offline.

Saat ini standar biaya Bimbel online mulai dari ratusan ribu rupiah untuk 1 tahun ajaran, berbeda dengan bimbel offline yang harus merogoh kocek jutaan rupiah. Kamu bisa memilih Bimbel yang sesuai tanpa harus kehilangan jatah uang jajan. 

Mendapatkan Pengakuan dari Lembaga Pendidikan Indonesia

Terakhir, tips yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih layanan bimbingan belajar secara online yaitu kualitas dari layanan tersebut. Quipper sebagai salah satu layanan konsultasi belajar terbaik di Indonesia sudah menjadi satu di antaranya. 

Bukti tersebut dapat dilihat dari adanya pengakuan dari Kementerian Pendidikan hingga pemerintahan Indonesia akan kualitas layanan belajar Quipper. Jadi, sudah tidak perlu lagi kamu ragu buat jadiin Quipper sebagai layanan konsultasi belajar, PR, hingga tugas sekolahmu, ya!

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih Bimbel online terbaik, khususnya untuk anak SMA. Semoga informasinya cukup membantu ya. Selamat berburu Bimbel online idaman!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu alumni Kesehatan Lingkungan yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Bimbel Online SMA Terbaik untuk Belajar Dari Rumah"