Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Cara Meredakan Asam Lambung yang Mengganjal di Tenggorokan

Cara Meredakan Asam Lambung yang Mengganjal di Tenggorokan
Cara Meredakan Asam Lambung yang Mengganjal di Tenggorokan

Cara Meredakan Asam Lambung

Saat tenggorokan terasa mengganjal bukan berarti terjadi peradangan pada tenggorokan itu sendiri melainkan bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke esofagus atau kerongkongan.

Pada dasarnya cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung adalah mudah. 

6 Cara Menghilangkan Rasa Mengganjal di Tenggorokan Akibat Asam Lambung

Saat asam lambung naik ke kerongkongan asam tersebut akan mengiritasi tenggorokan dan menekan otot-otot pada kerongkongan itulah yang menyebabkan adanya rasa mengganjal pada tenggorokan. Meskipun bisa diatasi namun solusinya tidak bisa bekerja secara instan.

Ini Dia Cara Menghilangkan Rasa Mengganjal di Tenggorokan Akibat Asam Lambung

Rasa mengganjal pada tenggorokan karena asam lambung, bisa diatasi dengan berbagai cara  termasuk dengan meminum obat sesuai anjuran dokter. Obat yang bisa diminum pun ada bermacam-macam. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara tepat atasi rasa mengganjal pada tenggorokan:

1. Minum Air Hangat 

Solusi pertama yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa mengganjal di tenggorokan karena asam lambung adalah dengan minum air hangat secukupnya. Air hangat bisa membantu menegangkan otot-otot kerongkongan yang tertekan dan iritasi akibat naiknya asam lambung. 

Jika merasa tidak nyaman minum air putih hangat saja, Anda juga bisa kombinasikan dengan jahe atau kencur untuk memberikan sensasi hangat dan nyaman pada tenggorokan yang sedang iritasi. 

2. Kurangi Intensitas Suara

Saat tenggorokan terasa mengganjal, tak hanya aktivitas makan dan minum yang tidak nyaman. berbicara pun jadi kurang nyaman dilakukan. Justru jika banyak bicara hal itu akan membuat kerongkongan jadi lebih sakit karena terlalu banyak dipakai beraktifitas.

Karenanya untuk mengurangi rasa sakitnya dan agar tidak semakin parah, Anda bisa kurangi aktivitas berbicara. Bicarakan hanya ketika perlu saja.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok justru akan memperparah iritasi yang terjadi pada tenggorokan akibat asam lambung dan dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker. Hal yang memicu adalah kandungan tembakaunya yang memang dikenal tidak bagus untuk kesehatan mulut, tenggorokan, dan sinus. Selain itu, merokok juga bukan menjadi salah satu healthy lifestyle.

4. Redakan Dengan Obat Antasida

Obat antasida adalah obat yang umumnya dikonsumsi oleh penderita GERD. Mengkonsumsi obat ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung. Namun tetap saja penderita harus berkonsultasi dengan dokter ahlinya. 

Obat antasida sendiri dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Obat ini memiliki efek samping bagi penggunanya, karenanya diperlukan konsultasi terlebih dulu ke dokter. 

5. Menggunakan H2 Receptor Blockers

H2 receptors blockers merupakan obat-obatan yang punya kegunaan mengurangi produksi asam lambung. Sebenarnya obat ini tidak serta merta dapat mengobati gejala tenggorokan yang mengganjal, namun obat ini mampu mencegah naiknya asam.lambung ke kerongkongan.

Obat yang termasuk dalam h2 receptors blockers adalah famotidine, nizatidine, dan cimetidine. Meskipun terbukti cukup ampuh mengurangi produksi asam lambung, namun tetap saja sebelum mengkonsumsi obat ini harus ada anjuran dari dokter ahli di bidangnya. 

6. Minum Obat Penghambat Pompa Proton

Jika dibandingkan dengan jenis obat h2 receptor blockers, obat penghambat pompa proton ini lebih kuat untuk mengatasi gejala asam lambung. Gejala mengganjalnya tenggorokan juga dipercaya dapat disembuhkan dengan jenis obat ini, meski tidak 100% dapat menyembuhkan. 

Jenis obat penghambat proton yang bisa dikonsumsi untuk atasi rasa mengganjal pada tenggorokan ini adalah omeprazole dan lansoprazole. Untuk lebih aman, tetap konsultasikan lebih dulu pada dokter. 

6 cara menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan akibat asam lambung naik ini bisa Anda coba meskipun hasilnya tidak bisa secara instan menyembuhkan. Anda juga bisa konsultasikan pada dokter lebih dulu agar bisa diketahui lebih jelas solusi yang tepat untuk rasa mengganjal yang dirasakan. 

Selain 6 cara di atas, kita juga bisa mengatasi asam lambung dengan konsumsi Nutriflakes secara rutin. Nutriflakes adalah sebuah sereal dengan bahan-bahan alami, seperti umbi garut dan daun kelor, sehingga aman untuk konsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

Nah, itu dia ulasan tentang cara meredakan asam lambung, sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Meredakan Asam Lambung yang Mengganjal di Tenggorokan"