Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Smart TV HDMI Murah dan 7 Keunggulan Lainnya yang Harus Diketahui!

Smart TV HDMI Murah dan 7 Keunggulan Lainnya yang Harus Diketahui!
Smart TV HDMI Murah dan 7 Keunggulan Lainnya yang Harus Diketahui!

TV HDMI Murah

Sekarang ini kita semua sedang berada di salah satu tahap evolusi televisi. Yakni peralihan dari tv analog ke tv digital dan juga smart tv. Sebabnya jelas, karena tv digital dan smart tv memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan tv analog.

7 Keunggulan Smart TV yang Harus Kamu Tahu

Kamu salah satu orang yang masih keukeuh menggunakan tv analog? Jika ya, baca penjelasan di bawah ini. Keunggulan-keunggulan dari smart tv dan tv digital dijamin akan membuatmu segera beralih ke tv yang lebih canggih ini.

1. Tak Sekadar Menonton TV

Keunggulan pertama dari menggunakan smart tv adalah kamu mendapat banyak jenis hiburan yang tak hanya menonton tayangan tv saja. Kenapa demikian sebab smart tv bisa digunakan untuk hal-hal lain.

Misalnya saja untuk menonton film dari file yang kamu punya dengan menggunakan kabel hdmi. Bisa untuk menonton Youtube saat dihubungkan ke internet. Bisa menonton tayangan dari saluran tv berbayar seperti Netflix. Bisa mendengarkan musik seperti dari Spotify. Bisa bermain game. Bahkan bisa membuka aplikasi chatting.

2. Gambar Lebih Tajam dan Jelas

Smart tv memberikan gambar yang lebih tajam dan jelas. Sebab selain karena panel layar tv-nya yang sudah canggih, misalnya menggunakan teknologi IPS atau LED; juga karena channel tv yang dipakai bukanlah dari gelombang tv biasa. Melainkan melalui gelombang tv digital atau pun livestream tv yang menggunakan internet yang terpercaya.

3. Tak Banyak Terpengaruh Cuaca

Saat menggunakan tv analog, ketika di luar rumah terjadi hujan, gambar tayangan tv biasanya jadi buram. Nah dengan smart tv, hal ini tidak terjadi. Sebab gelombang yang digunakan di smart tv tidak banyak terpengaruh oleh cuaca. Kecuali jika memang hujan badai yang sangat dahsyat. Dia tentu akan bisa merusak.

4. Channel TV Lebih Banyak

Ini yang banyak disukai dari smart tv dan juga tv digital. Tayangan tv jadi lebih banyak. Entah itu siaran tv nasional atau pun siaran tv lokal. Bahkan jumlahnya bisa ratusan. Dengan begitu kamu jadi lebih banyak pilihan tontonan. Dari mulai tontonan olahraga, film, berita, musik, hingga talkshow, reality show, dan yang lainnya.

Punya satu smart tv di rumah, dijamin seluruh keluarga bisa menikmatinya, sebab semua jenis tontonan bisa didapat hanya dari televisi saja dan bisa memperkaya pengetahuan literasi digitalmu karena channel smart tv lebih banyak tentunya.

5. Hemat Energi

Ya, ini juga bisa jadi kelebihan dari smart tv. Beberapa produsen tv, sekarang ini banyak yang memproduksi tv yang hemat daya. Misalnya saja layarnya yang mampu menyesuaikan tingkat terang sesuai dengan kondisi rumah. Saat rumah sedikit gelap, tv-nya bisa jadi terang secara otomatis. Nah saat suasana rumah terang, tv tersebut sedikit meredup.

Tak hanya itu saja, smart tv juga bisa mendeteksi dirinya saat ‘diacuhkan’.nah saat tersebut, dia akan mati sendiri karena menganggap yang punya rumah sedang tidak menontonnya. Dengan begitu, daya yang digunakan tv tersebut jadi lebih hemat.

6. Lebih Sehat untuk Mata

Yang satu ini juga merupakan inovasi penting di dalam evolusi televisi. Ya, para produsen tv kini berlomba-lomba menambahkan value yang lebih terhadap produknya. Salah satunya dengan dimunculkannya tv yang layarnya sangat minimal di dalam mengeluarkan pancaran sinar biru.

Sebagaimana diketahui, paparan sinar biru ini bisa merusak mata. Nah smart tv banyak yang begini sekarang. Sinar yang keluar melalui layarnya diklaim tidak akan membuat mata rusak, yang dicirikan dengan mata yang mudah lelah saat menonton tv. Namun jangan lupa untuk tetap mengonsumsi suplemen kesehatan mata ya!

7. Lebih Keren dan Gaya

Hal yang satu ini pun juga merupakan kelebihan dari smart tv. Ya, lebih keren dan lebih gaya, yang bisa dilihat dari bentuknya yang modern, bodinya yang ramping, layarnya yang bening, ukurannya yang besar dan lebar, bobotnya yang ringan, warnanya yang beraneka ragam, serta tampilannya yang cantik.

Jadi saat kamu menggunakan smart tv di rumah, dijamin deh, kamu akan terhindar dari rasa minder jika tv-mu dilihat teman atau tetangga.

Itu dia 7 keunggulan dan kelebihan dari smart tv. Dijamin deh, kamu tidak akan menyesal mengganti tv analogmu dengan smart tv. Sekali pun harganya sedikit lebih mahal, namun apa yang kamu dapatkan jauh lebih banyak. Bisa untuk hiburan seluruh keluarga.

Untuk membelinya, bukan saja aplikasi Shopee di ponselmu. Di sana ada banyak toko yang menjual smart tv hdmi murah dari berbagai merk dengan berbagai harga. Pilih saja yang sesuai dengan isi dompetmu atau yang bagus sekalian. Supaya kamu bisa puas menontonnya. Selamat berbelanja!

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

4 komentar untuk "Smart TV HDMI Murah dan 7 Keunggulan Lainnya yang Harus Diketahui!"

  1. Jadi inget dulu, kalau cuaca lagi buruk tgelombang tv banyak yang hilang, yaa.

    BalasHapus
  2. bener nih emang lebih keren dan gaya ya, dan lebih smart hihi.. meski makin smart harganya jg makin uwow, tp puas sih

    BalasHapus
  3. Wah baru saja ngabarin, kenapa sekarang banyak yang jual STB ternyata mulai pindah dari tv analog ke tv digital dan start yaa. Keren ini ya, memang pas banget Keunggulan nya yaa.

    BalasHapus
  4. sekarang harus ganti semua ya mbak, dari TV analog ke TV hdmi yang lebih fleksibel , apalagi sekarang sudah banyak pilihan ya, salah satunya tv smart yang mbak rekomendasikan. keren ya tampilannya

    BalasHapus