Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian

Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian
Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian

Tips Menabung

Harga rumah dan tanah terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Harga rumah yang fantastis membuat banyak pasangan muda atau keluarga baru kesulitan memiliki hunian sendiri. Padahal rumah adalah kebutuhan wajib sebagai tempat tinggal, apalagi jika Anda sudah menikah. 

Banyak pasangan muda kemudian menerapkan hustle culture atau bekerja lebih keras untuk meningkatkan penghasilan. Namun mereka lupa menyadari bahwa seringkali keinginan membeli rumah terhambat karena gaya hidup yang boros. 

Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian

Jadi selain memiliki banyak penghasilan, Anda juga harus pandai mengatur keuangan. Anda bisa membuka rekening bank untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Apalagi sekarang syarat buka rekening cukup sederhana. Kini pendaftaran rekening pun sangat mudah karena bisa dilakukan secara online melalui platform mobile banking. 

Dengan memiliki rekening online, Anda akan lebih mudah mengelola dan mengatur keuangan. Perencanaan keuangan yang baik akan memudahkan tujuan Anda membeli rumah baru. Selain itu, Anda akan merasakan manfaat rekening online untuk berbagai kebutuhan transaksi di era digital. 

Jika Anda berniat membeli rumah baru sesegera mungkin, Anda perlu tahu cara mengatur keuangan bersama pasangan dan cara menabung yang tepat. 

Cara Mengatur Keuangan bersama Pasangan 

Saat Anda sudah menjalani kehidupan berumah tangga, persoalan finansial adalah hal penting yang harus diperhatikan. Jika tidak dikelola sebaik mungkin, masalah keuangan bisa menyebabkan perseteruan dalam rumah tangga. Agar kondisi keuangan tetap baik, Anda dan pasangan harus bisa mengatur keuangan dengan bijak. 

Mengatur keuangan rumah tangga adalah tanggung jawab bersama suami istri. Berikut cara mengatur keuangan bersama pasangan Anda secara tepat dan bijak.

Saling Terbuka Tentang Kondisi Keuangan

Setiap pasangan harus saling terbuka mengenai keuangan, apalagi yang baru menikah. Bicarakan dengan pasangan seperti apa kondisi keuangan kalian berdua. Jangan lupa diskusikan juga jika memiliki hutang atau cicilan. Dengan saling terbuka, Anda bersama pasangan dapat mencari solusi bersama jika ada masalah keuangan.

Jika sudah saling mengetahui kondisi keuangan satu sama lain, Anda dan pasangan bisa menentukan strategi mengontrol keuangan dan menetapkan tujuan bersama ke depannya. Salah satunya adalah tujuan untuk membeli rumah impian.

Punya Tabungan Bersama

Agar bisa meraih tujuan bersama, pasangan muda sebaiknya saling menyisihkan sebagian uang untuk menabung. Memiliki tabungan sangat penting untuk menjaga keuangan keluarga di masa depan. Selain itu, tabungan juga berguna sebagai dana darurat untuk mengantisipasi berbagai risiko yang bisa menimpa di kemudian hari.

Salah satu strategi menabung yang cocok di era digital adalah dengan membuka rekening online. Anda dan pasangan bisa membuka rekening bank khusus untuk tabungan keluarga. Selain menabung, Anda juga  bisa berinvestasi untuk menghasilkan passive income. 

Berkomitmen untuk Tidak Boros

Gaya hidup boros menjadi salah satu penyebab keuangan Anda tidak bertumbuh atau mengalami peningkatan. Oleh karena itu, Anda dan pasangan harus berkomitmen untuk tidak boros. Salah satu caranya adalah dengan menghindari perilaku konsumtif dan menekan pengeluaran yang tidak diperlukan. 

Jika sudah saling berkomitmen, Anda bersama pasangan akan lebih bijak dalam mengontrol pengeluaran. Dengan terbiasa hidup hemat, Anda dan pasangan bisa menabung dengan lebih banyak. Dengan begitu keuangan keluarga Anda bisa meningkat lebih cepat sehingga keinginan membeli rumah bisa lebih cepat tercapai.

Hindari Berhutang yang Berlebihan

Cara mengatur keuangan bagi pasangan muda selanjutnya adalah menghindari hutang. Berhutang terbukti menghambat perkembangan keuangan Anda. Setiap penghasilan yang didapatkan akan habis hanya untuk membayar hutang.

Memang tidak ada salahnya meminjam uang untuk kebutuhan tertentu, namun pastikan Anda sanggup mengembalikannya dengan cepat dan tidak mengganggu perencanaan keuangan keluarga.

Menentukan Strategi yang Sama

Dalam rumah tangga, perbedaan pandangan soal keuangan adalah hal yang lumrah. Apalagi bagi pasangan muda yang biasanya masih memiliki egonya yang tinggi satu sama lain. Namun demi mencapai target finansial, Anda dan pasangan perlu menentukan strategi yang sama dalam mengatur keuangan. 

Itulah beberapa tips mengatur keuangan bagi pasangan muda. Sebaiknya Anda dan pasangan mulai mengatur keuangan mulai dari sekarang juga. Jika berkeinginan memiliki rumah impian, masukkan target tersebut dalam perencanaan keuangan keluarga. 

Cara Menabung bagi Pasangan Muda 

Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian
Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian

Persoalan keuangan memang menjadi hal yang sensitif. Namun jika Anda sudah berkeluarga maka wajib membicarakannya dengan pasangan. Obrolkan rencana keuangan keluarga Anda, mulai dari kondisi keuangan, menabung, target yang ingin dicapai, dan sebagainya. 

Menabung menjadi aktivitas keuangan yang wajib dilakukan oleh pasangan muda. Apalagi jika Anda dan pasangan berkeinginan untuk memiliki rumah segera mungkin. Tidak sekedar menabung, Anda dan pasangan juga harus tahu bagaimana cara menabung yang tepat.

Berikut cara menabung bagi pasangan muda untuk tujuan membeli rumah secepatnya: 

Membuat Anggaran Bulanan

Agar rencana menabung tetap berjalan lancar dan tidak terganggu, Anda dan pasangan perlu menentukan budget pengeluaran bulanan. Buatlah pos-pos pengeluaran rutin bulanan agar tahu kebutuhan yang menjadi prioritas. Dengan begitu keuangan keluarga Anda bisa terkontrol dengan rapi. Jadi pos tabungan Anda tidak akan terganggu. 

Penghasilan Tambahan

Selain menyisihkan penghasilan utama, sebaiknya Anda mencari tambahan penghasilan untuk meningkatkan tabungan. Semakin banyak Anda menabung, maka dana untuk membeli rumah pun bisa terkumpul lebih cepat.

Terlebih di era sekarang Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan mudah. Anda bisa menjadi freelancer atau membuka bisnis online shop. 

Investasi

Tips menabung selanjutnya bagi pasangan muda adalah dengan berinvestasi. Jika Anda dan pasangan masih memiliki kelebihan uang, jangan hanya ditabung. Gunakan uang tersebut untuk berinvestasi.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari invest saham, deposito, emas, hingga investasi reksadana. Mempunyai investasi akan membantu Anda menghasilkan passive income.

Buka Rekening Khusus

Tips menabung yang terakhir adalah dengan membuka rekening khusus. Anda dan pasangan bisa membuat rekening khusus yang diperuntukkan bagi tabungan keluarga. Menyimpan uang di bank akan membuat keuangan Anda lebih terkontrol. Selain itu, menabung di bank juga lebih aman.  

Menggunakan PermataME untuk Membeli Rumah

Bagaimana, semakin optimis untuk segera membeli rumah baru kan? Agar tabungan tetap aman dan tidak terganggu pengeluaran rumah tangga, Anda dan pasangan perlu membuka rekening online. Salah satu rekening online yang akan menunjang kebutuhan keuangan Anda di era digital adalah membuka tabungan online PermataME

PermataME adalah tabungan online dari PermataBank. Tabungan online ini menawarkan berbagai kelebihan yang bisa mempercepat keinginan Anda memiliki rumah impian. 

Pendaftaran PermataME bisa Anda lakukan secara online melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Selain itu, syarat buka rekening online ini juga cukup sederhana. 

Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa syarat di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Informasi lebih lengkap mengenai langkah-langkah dan syarat buka rekening online PermataME bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.

Nah, itu dia ulasan tentang tips menabung bagi pasangan muda. Untuk postingan lainnya seperti cara mengatur keuangan gaji 2 juta bisa teman-teman klik link tautan di dalam kata tersebut. Semoga bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

6 komentar untuk "Tips Menabung Bagi Pasangan Muda untuk Miliki Rumah Impian"

  1. Wah bagus banget nih tipsnya, nanti saya kasih tahu sodara yg baru nikah

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bermanfaat untuk pasangan muda
    Agar bisa segera memiliki rumah impian

    BalasHapus
  3. Baru tahu sekarang sudah ada Permata Mobile, jadi lebih memudahkan juga ini buat buka rekening dan transaksi

    BalasHapus
  4. Better menabung ya untuk membeli rumah impian, kalau bisa cash mengapa harus kredit.

    BalasHapus
  5. Msalah keuangan itu masalah yg sensitif harus terbuka biar ga ada kesalahpahaman. Btw, sekarang mudah banget ya utk buka rekening tabungan bisa lewat aplikasi

    BalasHapus
  6. Hal seperti ini sebaiknya sudah diketahui sebelum memasuki masa perkawinan. Supaya pasangan muda lebih paham keuangan keluarga

    BalasHapus