Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Baca Novel Semakin Mudah dengan Aplikasi Baca Novel Secara Online

Baca Novel Semakin Mudah dengan Aplikasi Baca Novel Secara Online
Baca Novel Semakin Mudah dengan Aplikasi Baca Novel Secara Online

Baca Novel

Baca novel secara fisik memang menyenangkan dan memiliki rasa tersendiri. Namun, dalam beberapa situasi mungkin lebih mudah membaca secara online di platform. Data yang diterbitkan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menunjukkan indeks membaca masyarakat Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu.

Makin Mudah! Yuk Intip 7 Kelebihan Baca Novel Secara Online 

Meski peningkatannya tidak signifikan, tapi menunjukkan minat baca penduduk meningkat. Sementara itu, seiring kemajuan teknologi, kehadiran platform digital membuat membaca menjadi lebih mudah. Menurut laman Perpustakaan Umum Halifax, membaca buku secara online memiliki beberapa keuntungan yang terangkum dalam poin-poin berikut:

1. Menghemat Waktu

Dengan baca novel secara online dapat menghemat lebih banyak waktu. Jika membaca novel fisik yang tidak dimiliki akan membutuhkan lebih banyak waktu sebelum membacanya. Hal ini karena keterpaksaan untuk mendapatkan buku novel  terlebih dulu, baik dengan membeli, meminjam dari teman, atau dari perpustakaan.

Dengan membaca buku novel secara online, hanya perlu membuka perangkat dan mendapatkan akses instan ke buku digital yang dibutuhkan.

2. Tidak Ada Denda

Jika kamu meminjam buku fisik dari perpustakaan, harus membayar denda jika terlambat mengembalikannya. Namun, ketika meminjam buku digital dari perpustakaan online, kamu tidak perlu takut akan denda. Karena buku otomatis dikembalikan setelah masa peminjaman habis.

3. Membaca Novel Dimana Saja dan Kapan Saja

Apakah kamu ingin membaca novel favorit tapi takut terlalu berat karena buku fisiknya? Jangan khawatir karena dengan buku digital, bisa baca novel online dan menikmati novel favorit tanpa harus pusing.

Pastikan saja ponsel atau perangkat yang kamu gunakan terisi penuh dan bawa charger jika perlu untuk terus membaca tanpa takut kehabisan daya.

Selain itu, buku digital memungkinkan kamu menikmati petualangan karakter favorit sambil membaca buku tanpa khawatir terlihat di depan umum saat membaca.

4. Banyak Novel Hanya dalam Satu Perangkat

Sebagai pembaca, terkadang bingung harus membaca novel mana terlebih dulu. Mungkin juga bosan dengan buku yang dibaca dan ingin beralih ke buku lain. Ini bisa menjadi masalah ketika kamu membaca buku fisik, karena dia harus membawa banyak buku ke mana-mana.

Salah satu keunggulan buku digital adalah dapat membacanya secara online. Semua kebutuhanmu adalah sebuah perangkat dengan aplikasi membaca dan kamu dapat dengan bebas membaca buku apapun yang diinginkan.

5. Dapat Menyesuaikan Tampilan Sesuai Kebutuhan

Buku fisik memaksa pembaca untuk melakukan penyesuaian terhadap tampilan buku, sedangkan baca novel online yang dibaca secara online dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan pembaca.

Kamu dapat menyesuaikan font, tema, pencahayaan, dan bahkan memilih warna sorotan khusus untuk menandai bagian yang disukai.

6. Pencarian Cepat

Buku digital memiliki fungsi pencarian yang memudahkan untuk menemukan kata kunci, topik, atau informasi tertentu dalam buku. Sangat bermanfaat untuk referensi dan pembelajaran.

7. Menyelamatkan Lingkungan

Salah satu keuntungan besar dari hadirnya buku digital, yaitu tidak memerlukan pohon, Salah satu keuntungan besar dari buku digital adalah produksi kertas tidak membutuhkan pohon.

Buku digital tidak memerlukan proses kertas atau pencetakan yang berkontribusi terhadap deforestasi dan dampak lingkungan negatif lainnya.

Pengenalan buku digital mengurangi jejak karbon. Kamu Juga bisa terpanggil untuk menjaga lingkungan dari polusi dari pabrik kertas. Sehingga dapat mengurangi adanya penebangan pohon.

Nah, itulah kemudahan yang bisa diperoleh saat baca novel secara online di berbagai platform. Bicara perihal platform baca novel, kalian bisa mengunjungi web https://gooddreamer.id/ untuk membaca novel pilihan kalian. Sehingga sudah tidak ada lagi alasan untuk malas membaca. Sebab, semuanya kini telah mudah dan ada dalam genggaman (smartphone) masing-masing.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Baca Novel Semakin Mudah dengan Aplikasi Baca Novel Secara Online"