Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Mie Gaga VS Indomie Viral? Ini Dia Kronologinya

Mie Gaga VS Indomie Viral Ini Dia Kronologinya
Mie Gaga VS Indomie Viral Ini Dia Kronologinya

Mie Gaga VS Indomie Viral? Ini Dia Kronologinya

Disclaimer: Sebelum teman-teman lanjut membaca artikel ini, di sini saya ingin menegaskan bahwa saya hanya menuliskan kronologi mengapa kasus Mie Gaga VS Indomie mendadak viral belakangan ini sepengetahuan saya berdasarkan postingan yang beredar di media sosial. Tidak ada sama sekali dalam artikel ini condong kepada salah satu produk ataupun sebaliknya.

Ketika saya scrolling TikTok, saya menemukan unggahan FYP di beranda saya tentang kabar dari dua merek mi instan terkenal di Indonesia yaitu Indomie dan Mie Gaga. 

Postingan tersebut menceritakan tentang kisah pencipta asli Indomie yaitu Djajadi Djaja melalui ilustrasi video AI yang dibagikan oleh akun TikTok @bigalphaid pada 20 Agustus 2023.

Ini Dia Kronologi yang Bikin Viral

Teks video tersebut adalah sebagai berikut dengan POV Djajadi Djaja:

Saya adalah penemu sekaligus pencetus Indomie. Mie instan favorit anda. Tapi saya disingkirkan dari produk yang telah saya lahirkan sendiri. Nama saya Djajadi Djaja. Pasti banyak yang tidak tahu bagaimana konflik internal di dalam mie instan kebanggaan bangsa Indonesia ini.

Seluruh Indonesia tahu bahwa Indomie adalah milik dari Salim Grup. Tapi banyak yang tidak tahu ternyata pencetus awalnya adalah saya, Djajadi Djaja. Saat ini saya hadir dengan produk Mie Gaga. Dan juga mungkin anda tahu Mie Telur A1.

Dulu saya harus rela kehilangan anak kandung yang saya besarkan sejak tahun 1972. Indomie jatuh seluruhnya ke tangan Salim Grup. Saat itu drama internal ini menjadi topik pembicaraan hangat di lingkungan pengusaha Taipan karena merek dan produk yang saya rintis bersama rekan-rekan diambil alih oleh rekan bisnis sendiri. 

Drama ini bermula ketika saya bersama Salim Grup sepakat untuk mendirikan perusahaan patungan bernama PT. Indofood Interna Corporation pada tahun 1984. Awalnya saya dan rekan-rekan memiliki bagian 57,5%. Dan Salim Grup memiliki 42,5% saham atas Indofood.

Tapi bisnis tetaplah bisnis. Pada tahun 1993, saya, kami mengalami masalah internal perusahaan terkait keuangan. Salim Grup memutuskan tidak lagi memakai perusahaan saya sebagai distributor. Melainkan memakai anak perusahaannya sendiri bernama PT. Indomarco Adi Prima.

Distributor bahan baku diganti. Kemudian saham diakuisisi penuh dan dalam sekejap saya hilang dari lini bisnis Indomie. Merasa terkhianati, saya memilih untuk melanjutkan bisnis pabrik mie instan baru yang mulai dirintis sejak Mei 1993 dengan nama PT. Jakarana Tama lahirlah Mie Gaga dengan beberapa varian seperti Mie Gaga 100 dan 1000, Mie Gepeng dan Mie Telur A1.

Saya sebenarnya tidak tinggal diam untuk kembali merebut hak asuh Indomie. Tanggal 17 Desember 1998 saya menggugat Indofood ke pengadilan karena merasa telah menjual paksa seluruh saham kepada PT. Indofood Interna dengan harga rendah.

Saya juga menuntut Salim Grup karena telah memanipulasi kepemilikan saham agar saham saya semakin mengecil. Tapi sayang, semua usaha gagal meskipun sudah banding sampai di Mahkamah Agung.

Setelah proses yang panjang, kehidupan harus terus berlanjut. Saya mulai membesarkan anak baru yaitu Mie Gaga. Per tahun 2022 Mie Gaga menduduki peringkat ke-4 sebagai mie yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia. Ya beginilah dunia bisnis. Kawan tidak selamanya kawan. Lawan tidak selamanya lawan. Kadang lawannya lawan adalah kawan kita.

Semenjak postingan ini viral, banyak sekali masyarakat yang akhirnya mencoba mencicipi keduanya secara bersamaan baik Indomie atau pun Mie Gaga. Hingga Mie Gaga pun masuk menjadi trending topik di Twitter Indonesia pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Tanggapan Pihak Indomie dan Mie Gaga

Namun meski begitu baik dari pihak Indomie maupun Mie Gaga merespon dengan tanggapan yang berbeda. Dari pihak Mie Gaga merespon video ini dengan mengeluarkan Press Release di akun Instagram @gaga100extrapedas dengan kalimat sebagai berikut:

“PT. Jakarana Tama dan Bapak Djajadi Djaja tidak pernah membuat, menyuruh membuat, menyebarkan atau menjadi narasumber ataupun memberikan tanggapan apapun sehubungan dengan berita-berita yang telah dibuat, dan kami tidak bertanggungjawab terhadap isi atau pemberitaan dalam konten yang diunggah tersebut,” demikian isi Press Release yang diunggah pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Sebaliknya, hingga saat ini belum ada tanggapan secara resmi maupun tanggapan apapun dari pihak Indomie.

Namun, dari kasus Mie Gaga VS Indomie ini, kita akhirnya belajar tentang lingkungan bisnis dan pentingnya kepemilikan merek yang sangat berdampak bagi perjalanan dan perkembangan bisnis itu sendiri.

Seperti yang disarankan oleh Mariska dari kontrakhukum.com, untuk mengantisipasi kejadian seperti di atas, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk mulai mempelajari dan memahami aspek hukum terkait kerja sama bisnis termasuk di dalamnya seperti peralihan merek dan saham apabila perusahaan didirikan bersama-sama.

Melalui kontrakhukum.com, masyarakat awam atau pun pelaku bisnis dapat melakukan layanan konsultasi mulai dari langkah pembuatan PT. Perseorangan hingga melindungi dan menyelesaikan sengketa maupun konflik secara profesional dan efektif bersama staf ahli profesional dari kontrakhukum.com jika sewaktu-waktu menghadapi masalah hukum baik seperti kasus di atas atau pun dalam isu lainnya.

Informasi lebih lanjut terkait layanan konsultasi dan sejenisnya, teman-teman bisa langsung mengunjungi situs kontrakhukum.com pada bagian Tanya KH atau melalui Instagram resminya di @kontrakhukum.

Nah, itu dia kronologi kasus Mie Gaga VS Indomie yang viral. Semoga menjadi pengingat bagi kita bersama dan semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Mie Gaga VS Indomie Viral? Ini Dia Kronologinya"