Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center

Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center
Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center

Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit

Seperti yang kita ketahui, bekas luka pada kulit tentu sangat mengganggu keindahan diri. Apalagi jika bekas luka tersebut nampak pada bagian wajah atau tubuh yang mudah dilihat oleh orang lain. Menurut Prof. Dr. dr. David S. Perdanakusuma, Sp. BP-RE(K) seorang pakar bedah plastik dan rekonstruksi dan estetik, ada beberapa cara untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka dan keloid.

Definisi Luka Secara Medis

Namun, sebelum melakukan tindakan tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui pengertian luka secara medis yang bermakna hilang atau rusaknya sebagian jaringan atau tubuh. Karena hilang atau rusaknya sebagian jaringan tersebut, sehingga penyembuhannya pun berbeda-beda disesuaikan dengan banyak faktor.

Beberapa faktornya seperti jenis luka, penyebab luka, kedalaman jaringan yang hilang atau rusak sehingga menjadi luka, proses perawatannya, apakah ada infeksi atau tidak dan faktor lainnya yang perlu dikonsultasikan ke ahlinya.

Bekas luka sendiri biasanya berbeda dengan keloid sehingga kita harus mengetahui jenis lukanya untuk dapat mengetahui jenis perawatan yang sesuai. Ada jenis luka yang disesuaikan dengan warnah kulitnya pasca terjadi luka. Mulai dari warna merah, cokelat hingga hitam. Warna ini terjadi karena adanya peradangan di area kulit yang terluka.

Tidak hanya merubah warna kulit, beberapa jenis luka juga dapat mengubah tekstur kulit mulai dari kerutan hingga benjolan di permukaan kulit. Contohnya adalah jenis luka hypertrophic scar dan keloid yang membuat perubahan pada kulit mulai dari warna dan atau tekstur kulit.

Jenis luka ini termasuk jenis luka yang kerap dikeluhkan oleh pasien. Apalagi jika bekas lukanya berada pada daerah yang dirasa mengganggu penampilan hingga membuat pasien kurang percaya diri dan kehilangan pekerjaan karena dituntut untuk tidak memiliki bekas luka pada tubuh dan wajahnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka yang direkomendasikan oleh tim medis kecantikan baik melalui tindakan bedah maupun non-bedah. Cara-cara ini merupakan jenis perawatan yang direkomendasikan oleh tim dokter EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center agar dapat menyamarkan atau menghilangkan bekas luka dengan efektif beserta biayanya:

Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center

Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center untuk menghilangkan noda hitamnya tergantung pada jenis perawatan yang dipilih. Pasien dapat memilih perawatan tipikal krim atau tindakan peeling secara berkala. Namun tentu biayanya berbeda mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Pasien juga dapat memilih tindakan Laser Fractional. Yang mana saat tindakan berlangsung, wajah pasien akan mendapatkan krim pereda nyeri dan efek dari tindakan ini dapat dirasakan lebih cepat karena teknologi laser dapat menjangkau lapisan kulit dalam.

Baca juga: Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Tindakan laser biasanya berkisar mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan tergantung tingkat kesulitan dan kondisi bekas luka serta biaya administrasi yang ditanggung pasien.

Tindakan non-bedah atau kombinasi pun dapat juga direkomendasikan oleh tim medis dan dipilih oleh pasien menyesuaikan budgetnya. Tindakan non-bedah misalnya injeksi kortikosteroid, laser fractional, krim topical, dn eksisi keloid.

Untuk mengetahui Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center lebih lanjut, teman-teman dapat bertanya juga pada bagian administrasi RS EMC Sentul yaitu referensi rumah sakit untuk perawatan kulit/bekas luka untuk mendapatkan perawatan bekas luka yang optimal.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Biaya Menghilangkan Bekas Luka di Dokter Kulit Aesthetic Center"