Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Jakarta Yang Sudah Dapat Dikunjungi Kembali Bersama Keluarga

Wisata Jakarta Yang Sudah Dapat Dikunjungi Kembali Bersama Keluarga
Wisata Jakarta Yang Sudah Dapat Dikunjungi Kembali Bersama Keluarga

5 Tempat Wisata di Jakarta yang Sudah Buka Saat Ini

Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 lalu ini tentu sangat berdampak pada kehidupan masyarakat, entah itu pada sektor ekonomi, pariwisata, ataupun transportasi. 

Salah satu dampak yang sangat dapat dirasa dari adanya pandemi yakni banyaknya destinasi wisata yang tutup karena tidak adanya ppengunjung dan menaati aturan dari pemerintah. 

Nah, sejak pertengahan tahun 2021, pandemi mulai berkurang dan akhirnya beberapa tempat wisata pun sudah diperbolehkan kembali beroperasi, seperti yang terjadi di Jakarta dan wisata di Bandung

Lalu, tempat wisata apa sajakah itu? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan singkat mengenai tempat wisata di Jakarta yang sudah buka berikut ini:

Dunia Fantasi (Dufan) Ancol

Dufan Ancol menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang sudah buka saat ini. Dufan yang merupakan bagian dari kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini sudah buka atau mulai beroperasi sejak September 2021. 

Di tempat wisata ini, kamu bisa mencoba berbagai macam wahana permainan yang seru dan menarik. Ada wahana yang menantang adrenalin seperti kora-kora dan ontang-anting, serta adapula wahana yang unik seperti Istana Boneka. 

Seaworld Ancol

Masih satu kawasan dengan Dufan Ancol, yakni di Taman Impian Jaya Ancol, Seaworld Ancol juga sudah mulai beroperasi. 

Seaworld Ancol mulai kembali menerima pengunjung bahkan sejak Juni 2020 dengan catatan pembelian tiket dilakukan secara online dan pastinya terbatas. Di Seaworld Ancol, kamu bisa merasakan sensasi seperti hidup di dalam dunia laut. 

Berbagai macam jenis ikan bisa kamu temukan di aquarium raksasa ini. Selain sebagai sarana liburan, kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang dunia laut jika datang ke tempat wisata ini.

Hutan Mangrove

Kamu senang dengan wisata alam yang penuh tumbuhan hijau? Wah, cocok banget nih, jika kamu  berkunjung ke Hutan Mangrove. 

Tenang, Hutan Mangrove juga menjadi salah satu jajaran tempat wisata di Jakarta yang sudah buka, sehingga pastinya menerapkan berbagai protokol yang ketata dalam operasionalnya. 

Hutang Mangrove sendiri  merupakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan dari danau yang bersih, dan dikelilingi oleh tumbuhan mangrove yang tumbuh dengan subur. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa dengan bebas berswafoto di tempat ini, karena pengelola juga menyediakan fasilitas berupa spot foto yang kekinian. Berbeda dengan dua tempat wisata sebelumnya, kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat penginapan murah saat di Jakarta. 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan tempar wisata Taman Mini Indonesia Indah atau yang sering disingkat menjadi TMII. Sejak September 2021, Taman Mini Indonesia Indah mulai diperkenankan untuk kembali beroperasi. Walaupun sudah boleh didatangi oleh pengunjung, sayangnya beberapa wahana seperti Taman Burung dan Museum Fauna masih belum bisa menerima kunjungan. 

Setu Babakan

Tempat wisata di Jakarta yang sudah buka berikutnya adalah Setu Babakan. Setu Babakan sendiri merupakan tempat wisata budaya bisa membuatmu belajar banyak hal, terutama tentang kebudayaan Betawi khas Jakarta. 

Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama di Setu Babakan, antara lain menikmati pertunjukan tradisional  dan melihat secara langsung berbagai macam bangunan khas betawi.  Selain itu, kamu juga bisa membeli aneka pernak-pernik serta aksesoris khas Betawi yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.

Walaupun kelimat tempat wisata di atas sudah menerima kunjungan, kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya, seperti memakai masker, memakai hand sanitizer, dan pastinya menjaga jarak.

Ingin cari tempat staycation di Jakarta atau sekedar mencari promo hotel murah di Jakarta? Yuk simak terus updatenya di sini! Nah, itu dia ulasan tentang Wisata Jakarta yang sudah dapat dikunjungi kembali bersama keluarga di tengah suasana pandemi. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat dan pandemi cepat berlalu :)

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

1 komentar untuk "Wisata Jakarta Yang Sudah Dapat Dikunjungi Kembali Bersama Keluarga"

  1. Asyik nih sudah banyak tempat wisata yang dibuka dan dikunjungi di Jakarta ya. Liburan tahun ini jadi bisa jalan2 ke Dufan dong eh tapi tetap harus patuhi prokes biar aman.

    BalasHapus