Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Audiobook Indonesia Storytel untuk Kebiasan Berliterasi yang Lebih Baik

audiobook Indonesia
Audiobook Indonesia Storytel untuk Kebiasan Berliterasi yang Lebih Baik

Audiobook Indonesia Storytel untuk Kebiasan Berliterasi yang Lebih Baik

Sewaktu saya sekolah aliyah dan pesantren di Jogja, memang ada televisi untuk hiburan para santri ketika hari libur untuk ditonton bersama. Sayangnya, karena tontonannya kurang menarik minat saya, maka saya kembali lagi ke dalam lautan lembaran halaman dalam sebuah buku.

Buku Adalah Teman Melewati Waktu

Setelah saya lulus aliyah, saya masih di pondok yang sama, tetapi karena sudah kuliah, yang dulunya tidak boleh membawa gadget, kini saya diperbolehkan membawa laptop dan gawai karena untuk mempermudah proses perkuliahan meskipun waktu keluar pondok tetap terbatas.

Dilan,  "Jangan rindu. Ini berat. Kau takkan kuat. Biar aku saja."

Akhirnya hiburan saya dari penatnya aktivitas perkuliahan dan setoran hafalan pun jatuh pada buku lagi. Kali ini saya tidak membaca buku melainkan mendengarkan buku dari salah satu saluran radio lokal di Jogja yang membacakan buku untuk para pendengar setianya.

Konon katanya mendengarkan buku kini sedang menjadi tren karena mempermudah orang-orang yang ritme hidupnya cepat namun tetap ingin membaca buku ditengah kesibukannya. Selain itu mempermudah orang-orang yang ingin membaca buku namun tidak memiliki alokasi dana untuk memiliki ataupun meminjam buku tersebut.

Storytel

Seiring perkembangan zaman, akhirnya tidak lagi saluran radio lokal yang harus didengar pada jam-jam tertentu. Saya pun menemukan Storytel, sebuah platform streaming atau aplikasi audiobook (buku audio) dan e-book berlangganan terbesar di dunia yang menawarkan para pengunduhnya untuk mendengarkan dan membaca lebih dari 500.000 judul buku baik nasional maupun internasional kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Saat ini Storytel telah beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia termasuk di Indonesia menjadi audiobook Indonesia terpopuler.

Ada beragam rekomendasi buku yang dapat kita temukan dengan beragam kategori seperti romance, personal development, fiction, young adult, e-book, upcoming books, classics, kids, crime & thriller, biography, religion & spirituality, non fiction, fantasy & science fiction, history, poetry & short stories, business & economy, pop culture, series, podcast, language.

Nah, beberapa buku best seller di Indonesia seperti Selamat Tinggal dan novel fiksi juga sudah tersedia di Storytel.

Ada pula novel yang telah berhasil di film kan seperti beberapa judul beserta kutipannya di bawah ini:

Mariposa, "Kamu tak pernah tahu rasanya mencintai tanpa balas dicintai? Sangat menyedihkan."

Sedangkan buku lainnya yang berskala global juga ada beberapa seperti berikut di bawah ini beserta kutipannya yang terkenal:

Harry Potter Audiobook, "Kita kuat ketika bersatu, dan lemah ketika berpisah," Albus Dumbledore."

Kegiatan Ramadhan

Selain itu yang gak kalah menariknya, kita bisa baca buku online alias membaca buku saat ngabuburit sebagai aktivitas ramadhan personal kita.

Perlu diketahui juga selama Ramadan, Storytel menyediakan kegiatan Ramadhan yaitu Ramadan Book Calendar yang berisikan tentang buku islami.

Aisyah Wanita yang Hadir dalam Mimpi Rasulullah

Selain buku islami, ada pula novel islami seperti Negara Lima Menara pada Ramadan Book Calender Storytel. Salah satu novel yang saya dengarkan isinya adalah novel islami berjudul Aisyah, Wanita yang Hadir dalam Mimpi Rasulullah karya Sibel Eraslan.

Siapa yang tidak mengenal Aisyah, istri Rasulullah yang paling cerdas, salah satu saksi hidup dan hijrah Rasulullah serta melalui berbagai perang seperti Badar, Uhud, Khandaq, dan Haibar.

Novel ini menceritakan detail tentang Sayyidah Aisyah RA. Betapa masa kecil Sayyidah Aisyah RA sangat disayang dan sangat dekat oleh ayahnya yaitu Sahabat Abu Bakar As-Shidiq yang selalu ia nanti perpulangannya.

Betapa Sayyidah Aisyah RA masa kecilnya sangat bahagia sampai ibunya bergurai ia takkan pernah dewasa karena ia selalu basah kuyup seusai bermain dan berlarian. Jika dibandingkan dengan anak seusianya, Sayyidah Aisyah kecil sangat menyukai pertunjukan pacuan kuda dan ia sangat senang akan ilmu, ia selalu ingin mengetahui cerita dan berita terbaru. Ia sangatlah cerdas.

Novel Islami
Novel Islami yang ada di Storytel

Sejak kecil Sayyidah Aisyah telah dididik menjadi anak yang sopan dan santun. Senantiasa dididik mengasihi yatim dan mendengarkan kebenaran. Apapun yang didengar, senantiasa terpatri di dalam hati dan itu membuat kemampuan menghafalannya sangat kuat.

Novel ini pun menceritakan kisah Sayyidah Aisyah RA yang akhirnya bertemu dan menikah dengan Rasulullah SAW dengan amat sangat indah didengar kata-katanya.

Fitur dan Keunggulan Storytel

Menurut saya pribadi setelah mendengarkan audiobook melalui aplikasi Storytel sangat memudahkan karena saya bisa menemukan buku-buku menarik seperti 8 Intisari Kecerdasan Finansial. Saya juga bisa mengurangi waktu melihat layar karena bisa mengetahui isi buku tanpa membacanya.

Sapiens, “There are no gods, no nations, no money and no human rights, except in our collective imagination.” Yuval Noah Harari, Sapiens: A Brief History of Humankind.

Atau memudahkan saya dan suami untuk mendongengkan si kecil ketika hendak tidur karena kalau membaca buku anak kan kita harus ekspresif dan read aloud ya, sehingga membutuhkan energi yang lebih dari pada membaca buku pada biasanya.

Baca buku online
Read Aloud Bersama Si Kecil Melalui Storytel

Nah, dengan adanya Storytel, kita tetap bisa membacakan buku untuk si kecil tanpa harus menghabiskan banyak energi apalagi jika sedang berpuasa. Ketika di perjalanan pun dapat menjadi teman karena kini bisa sambil mendengarkan buku pilihan yang ada di rak buku pilihan saya.

Divortiare, "Mungkin maksudnya adalah akan lebih baik jika kita tidak terlalu banyak ngomong "tapi", apalagi saat sedang berdiskusi dengan orang lain. Bisa jadi, ujungnya malah debat kusir"

Selain fitur rak buku pilihan, Storytel juga menyediakan fitur target cerita dalam rentang waktu tertentu untuk jumlah buku yang telah ditargetkan. Jadi kita bisa lebih rajin mendengarkan audiobook di Storytel.

Download Storytel

Nah, kalau teman-teman mau menggunakan aplikasi ini juga, kalian bisa mengunduhnya di Aplikasi Storytel untuk iOS dan Aplikasi Storytel untuk Android serta berlangganan sekarang juga karena sedang ada promo hanya Rp 39.000,-

Cara Registrasi Storytel

Cara registrasinya pun mudah. Setelah berhasil mengunduh, kita akan diberikan opsi bahasa, kalau saya pilih bahasa Indonesia dan Inggris, sekalian berlatih pronounciation. Lalu kita akan diberikan pilihan kategori buku kesukaan kita misalnya buku anak, non fiksi, dan cerita pendek. 

Hunger Games, “You don’t forget the face of the person who was your last hope.”

Kalau saya pribadi kategorinya saya pilih semua karena mau lihat 500.000 buku di sana ada buku apa saja, ternyata memang banyak sekali buku-buku menarik. Ada pula buku-buku yang telah difilmkan seperti Assalamu’alaikum Beijing, Ketika Cinta Bertasbih, Surga yang Tak Dirindukan dan Ayat-Ayat Cinta.

buku best seller
Salah satu Novel Islami Indonesia yang ada di Storytel

Setelah memilih kategori, kita langsung mendaftar di aplikasi bisa menggunakan akun Apple, Google, Email, maupun Facebook yang sudah ada. Setelah itu pilih berlangganan atau mencoba beragam fitur Storytel yang telah saya sebutkan di atas tanpa berbayar alias gratis selama sepekan.

Game of Thrones, "Never forget what you are, the rest of world will not. Wear it like an armor and it can never be used to hurt you."(Jangan pernah lupakan jati dirimu, karena seisi dunia akan selalu mengingatnya. Gunakanlah ia sebagai tameng agar tak akan pernah ada yang bisa menyakitimu).

Akhir kata, itu dia ulasan tentang Audiobook Indonesia Storytel untuk Kebiasan Membaca yang Lebih Baik. Sekian, semoga ulasan ini bermanfaat.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

15 komentar untuk "Audiobook Indonesia Storytel untuk Kebiasan Berliterasi yang Lebih Baik"

  1. hampir sebulanan ini saya juga mendengarkan Storytel, jadi lebih asyik aja sekarang karena bisa menikmati buku dengan cara yang lebih praktis.
    di Storytel juga koleksinya super duper lengkap, gak cuma buku fiksi dan non fiksi, buku pengembangan diri pun juga ada, asyik banget deh.

    BalasHapus
  2. Aak, aku juga pengguna Storytel sih kak. Dan emang seru gitu ya mendengarkan buku jadi bisa sambil rebahan santai waktu puasa, eh sambil berimajinasi positif

    BalasHapus
  3. Sudah sering baca ulasan tentang Storytel tapi belum download. Makin penasaran nih, mau coba ah. Pasti berasa didongengin :D

    BalasHapus
  4. Storytel ini bantu banget yang bagi pencinta buku ya, karena bisa didengarkan kapans aja dan di mana saja

    BalasHapus
  5. Ikutan happy ada Storytel jadi ngga memble bisa bacain anak buku heheh si ibu juga jadi bisa baca buku juga meski sambil masakk :))

    BalasHapus
  6. Suka banget sama aplikasi ini. Cocok buat yang ngga bisa baca buku di perjalanan, cukup dengerin cerita lewat Storytel.

    BalasHapus
  7. Buku emang teman duduk paling setia. Sayangnya aku yang nggak setia krn udah gak pernah baca buku lagi. Ga ada waktu. Bersyukur ya ada storytel jd tetap bisa menambah wawasan dengan dibacain buku.

    BalasHapus
  8. Huwaaah.. Di Storytel ada poetry & short stories jugaa, jadi penasaran pengen download juga nih bu.

    BalasHapus
  9. seneng ya, bisa nikmati buku favorit dengan cara baru nih hehe.. bisa sambil aktivitas lainnya juga deh

    BalasHapus
  10. Tren audiobook makin terus menanjak dan Storytel berhasil ambil bagian, sebab banyak sekali buku buku bagus baik dari Indonesia maupun yang berbahasa Inggris yang bisa didengarkan ya. Jadi penasaran sama buku yang berjudul Aisyah nih.

    BalasHapus
  11. Aku paling dengerin pas mau tidur, lebih banyak cerita anak-anak. Kalau cerita dewasa aku baru dengerin tulisan Tere Liye, Okki Madasari

    BalasHapus
  12. storytel makin banyak aja nih yang merekomendasikan. Termasuk saya yang juga terpukau mendengarkan narator membacakan isi buku

    BalasHapus
  13. Aku masih belum kelar dengerin 1 buku, saking tebelnya, hihi. Padahal dah pengen move on juga ke judul lain, tapi penasaran juga sama endingnya. Bersyukur ada Storytel jadi nggak punya alasan untuk stop baca buku :)

    BalasHapus
  14. Cara lain menikmati buku yak ini. Lagi di jalan terus bosen? Bisa puterin ini nih, mantap

    BalasHapus
  15. wah enak ni ya dengarinnya mau nyoba juga lah apknya makasih ya mbk

    BalasHapus