Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Ayam Potong 10 Bagian, Ini Dia Cara Memotongnya!

Ayam Potong 10 Bagian, Ini Dia Cara Memotongnya!
Ayam Potong 10 Bagian, Ini Dia Cara Memotongnya!

Ayam Potong 10

Bukan hanya daging sapi saja, namun masyarakat juga gemar mengkonsumsi daging ayam. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mencari cara memotong ayam yang benar dan relatif mudah. Baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijadikan usaha seperti Ayam Baradas.

Cara Memotong Ayam yang Benar dan Mudah Menjadi 10 Bagian

Mengingat ada banyak sekali bagian ayam yang membutuhkan kehati-hatian saat memotongnya. Selain itu, ada banyak sekali jenis jumlah potongan ayam mulai dari potongan menjadi 4 bagian, 6, 8, 12 hingga 16 bagian. 

Namun pada artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara memotong ayam secara keseluruhan dan menjadi 10 bagian. Bagaimana cara potong ayam yang benar? Langsung saja simak penjelasan berikut ini. 

Cara Memotong Ayam yang Benar 

Bagi kamu pemula yang belum mahir atau bahkan belum pernah memotong ayam utuh, jangan panik. Sebaiknya terapkan cara potong ayam yang benar berikut ini. 

1. Potong Bagian Ceker dan Kepala

Cara potong ayam utuh yang pertama harus kamu awali dengan memotong bagian kepala dan ceker terlebih dahulu. Khusus untuk umat Islam jangan lupa untuk diawali dengan membaca Basmalah sebagai syarat agar daging ayam potong ini menjadi makanan yang halal dikonsumsi. 

Pemotongan pada bagian kepala dan ceker ini penting dilakukan sejak awal karena untuk mempermudah pemotongan pada bagian tubuh lain tanpa terganggu kepala dan ceker. Jika sudah, masukkan potongan tersebut ke dalam wadah bersih yang sudah tersedia. 

2. Belah Pada Lipatan Paha

Selanjutnya beralih ke bagian lipatan paha ayam, caranya dengan menemukan bagian lipatan paha terlebih dahulu. Buat sendi pada pinggul ayam bergerak dengan cara memegangnya menggunakan tangan kiri, kemudian putar kaki ke atas. 

Baru kemudian potong lipatan paha tersebut menjadi 4 bagian yang akan menghasilkan 2 pcs paha atas dan 2 pcs paha bawah.  

3. Pemotongan Bagian Sayap Ayam

Jika ingin memotong sayap ayam, kamu bisa merentangkan kedua sayapnya terlebih dahulu dengan arah yang berlawanan. Ini berguna agar bagian sayap menjadi lebih lebar sehingga kamu akan mudah menemukan sambungan bahunya. 

Potong bagian sayap menjadi dua bagian dengan cara membengkokkan sayap agar menemukan sambungan sikunya. Setelah menemukan, langsung potong sambungan siku tersebut dan jika sudah simpan ke wadah yang tersedia. 

4. Belah Tubuh Ayam jadi Dua Bagian

Belah tubuh ayam menjadi dua bagian dengan cara membuat sayatan pada sisi horizontal untuk membelah bagian dada dan punggung. 

Teknik ini perlu kamu lakukan agar menghasilkan daging ayam yang empuk, dengan dibarengi cara merebus ayam biar empuk yang tepat.  

Lanjut dengan mengarahkan pisau ke bagian tengah dada ayam. Lalu pada tekuk kedua bagian hingga terdengar patahan tulang dan jangan lupa potong kulit ayamnya juga. 

5. Potong Dada dan Punggung Ayam

Jika sudah membelahnya menjadi dua bagian, maka kamu harus menemukan bagian yang menjadi penghubung antara dada dan punggung ayam. Bagian ini terletak di sepanjang tulang iga dengan daging berwarna putih agak menonjol. 

Potong bagian tersebut dari depan ke belakang agar menghasilkan potongan yang rapi. Bagian ini bisa kamu potong menjadi 4 bagian dada agar potongan kamu nantinya genap menjadi ayam potong 10 bagian yang bisa dijadikan lauk untuk Nasi Biryani

Jadi, kira-kira kamu apakah kamu akan menerapkan cara memotong ayam menjadi 10 bagian tersebut? Apabila ingin lebih mudah dan praktis, maka langsung saja pesan daging ayam segar yang sudah pasti berkualitas di KingKong App atau KingKong Meats. 

Perlu kamu tahu bahwa KingKong Meats merupakan sebuah aplikasi yang akan menyediakan daging ayam segar pilihan. Bukan hanya itu saja, namun kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai kebutuhan masakan lainnya. 

KingKong Meats akan memberikan kemudahan belanja kebutuhan masakan secara online dan praktis. Kamu hanya hanya perlu menunggu barang pesanan sampai tanpa takut kepanasan di jalan dan pastinya bisa mendapatkan harga terbaik.

Nah, itu dia ulasan tentang cara memotong ayam potong 10 bagian, semoga bermanfaat! Artikel kuliner lainnya yang direkomendasikan untuk dibaca di situs ini ada Tiga Menu Rumahan Pencegah Penyakit Kanker.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Ayam Potong 10 Bagian, Ini Dia Cara Memotongnya!"