Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
gambar banner

Reksadana Pendapatan Tetap Digemari Banyak Investor? Ini Dia Alasannya!

Reksadana Pendapatan Tetap Digemari Banyak Investor? Ini Dia Alasannya!
Reksadana Pendapatan Tetap Digemari Banyak Investor? Ini Dia Alasannya!

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana merupakan cara sederhana untuk berinvestasi di pasar modal. Tak heran jika banyak kalangan termasuk pelajar dan mahasiswa memilih produk investasi Reksadana seperti Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Pasar Uang, dan Reksadana Saham sebagai produk investasi mereka. 

Alasan Mengapa Reksadana Banyak Digemari Investor

Investor kelas profesional juga gemar berinvestasi pada instrumen Reksadana karena berpotensi menghasilkan return yang cukup menarik dibandingkan berinvestasi pada Deposito.

Mengapa Banyak Investor Memilih Investasi di Reksadana?

Reksadana Pendapatan Tetap Digemari Banyak Investor? Ini Dia Alasannya!
Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik

Reksadana Pendapatan Tetap Digemari Banyak Investor? Ini Dia Alasannya!

Berikut beberapa alasan mengapa para investor masih tertarik untuk berinvestasi pada berbagai produk Reksadana terutama reksadana pendapatan tetap.

Tidak Perlu Modal Banyak Tapi Potensi Return Menarik

Jika dibandingkan Saham, berinvestasi pada Reksadana memang tak memerlukan dana yang cukup banyak. Dengan modal rendah, Anda pun sudah bisa mulai berinvestasi pada beberapa jenis Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik. 

Oleh sebab itu, produk Reksadana banyak dipilih juga oleh para investor pemula. Meskipun hanya membutuhkan modal kecil, akan tetapi potensi profit yang dihasilkan Reksadana cukup menarik dan stabil. Sehingga, Reksadana dianggap menghasilkan lebih banyak return dibandingkan investasi pada Deposito. 

Jadi, jika Anda sedang berencana untuk berinvestasi dengan modal kecil tapi mampu menghasilkan keuntungan maksimal, silakan memilih instrumen Reksadana saja. 

Aman dan Transparan

Kasus penipuan investasi atau kerap disebut investasi bodong memang sedang marak akhir-akhir ini. Keuntungan berkali-kali lipat yang ditawarkan kadang membuat beberapa kalangan yang masih awam dalam dunia investasi tergiur untuk memasukkan modal. 

Agar tak tertipu, maka ada baiknya jika Anda berinvestasi pada Reksadana saja. Modal yang Anda investasikan dalam produk Reksadana dijamin aman dan transparan. Tak salah jika banyak investor berpengalaman menyarankan para investor pemula untuk mulai investasi pada Reksadana. 

Saat memasukkan dana investasi pada produk Reksadana yang dipilih, uang Anda dijamin tidak akan dibawa kabur. Pasalnya, semua modal yang diinvestasikan tidak akan diterima langsung oleh Manajer Investasi yang mengelola portofolio Anda, melainkan dititipkan pada bank khusus atau bank kustodian. 

Kemudian, setiap Manajer Investasi yang terdaftar juga telah diawasi langsung oleh pihak OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Para Manajer Investasi juga wajib melampirkan informasi keuangan produk Reksadana secara transparan. Sehingga, Anda tak perlu was-was lagi saat berinvestasi lewat Reksadana. 

Tak Banyak Resiko

Kelebihan berinvestasi pada instrumen Reksadana seperti Reksadana Pendapatan Tetap terbaik ialah resikonya yang terbilang rendah. Saat berinvestasi pada produk emas misalnya, Anda tak memiliki pilihan lain selain membeli atau menjualnya kembali. 

Namun, saat berinvestasi pada beberapa jenis Reksadana, Anda tetap bisa meraih keuntungan pada investasi Reksadana lainnya. 

Sekalipun market sedang tidak dalam keadaan bagus, potensi kerugian pun tidak terlalu besar jika dibandingkan Saham ataupun reksadana saham. Sepanjang tetap konsisten pada tujuan dan jangka waktu investasi, maka Anda berpotensi meraup return sebanyak-banyaknya. 

Imbal Hasil Bebas Pajak

Perlu Anda tahu, profit yang dihasilkan oleh semua jenis investasi Reksadana tidak akan dikenai biaya pajak sama sekali. Berhubung keuntungan Reksadana tidak termasuk ke dalam objek pajak, maka semua return yang Anda dapatkan pun tidak akan dipotong. 

Hal ini tentu berbeda jika Anda berinvestasi pada Saham di mana para investor akan dikenakan pajak sekitar 0,1% dari nilai bruto saham yang dijual. Tak hanya itu, return dari investasi saham juga memiliki potongan pajak sebesar 11%. 

Kemudahan Mengelola Investasi

Jika menginginkan investasi yang lebih mudah dan anti ribet, maka berinvestasi pada Reksadana adalah pilihan yang paling tepat. 

Pasalnya, Manajer Investasi profesional dan berpengalaman akan mengelola dana Anda, sedangkan Anda hanya perlu memantau setiap perkembangan investasi lewat laporannya. Anda bahkan tak perlu repot-repot lagi melakukan beragam perhitungan dan akumulasi saat berinvestasi.

Pastikan untuk memilih Manajer Investasi secara bijak dan tepat agar modal yang Anda investasikan bisa menghasilkan return yang maksimal. Jika berinvestasi Reksadana dulunya memerlukan proses dan prosedur yang masih tergolong 'tradisional', saat ini sudah tersedia banyak jenis aplikasi investasi Reksadana yang semakin memudahkan para investor untuk berinvestasi. 

Tanpa perlu datang ke bank atau lembaga penyedia Reksadana, Anda pun sudah bisa bertransaksi dari mana saja dan kapan saja. Berbagai fitur yang disediakan di dalam aplikasi investasi juga bisa Anda manfaatkan untuk memantau, mempelajari hingga mengetahui informasi pasar  Reksadana terbaru. 

Mulai Investasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama Tim Ahli

Para investor yang masih ragu dan khawatir untuk mulai berinvestasi sebaiknya memilih Reksadana saja. Jika dibandingkan Saham, berinvestasi lewat Reksadana jelas memiliki tingkat risiko yang lebih rendah. 

Jika Anda memutuskan untuk mulai menaruh modal pada beberapa instrumen Reksadana, maka jadikan DBS Treasures sebagai mitra.

Keseluruhan dana investasi Anda di dalam DBS Treasures akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi yang berpengalaman. Anda bisa mendiversifikasikan penyebaran dana di beragam varian aset investasi guna meminimalisir risiko.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tunggu apa lagi? Ayo mulai investasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama perbankan prioritas DBS Treasures sekarang juga. Info lebih lengkap bisa Anda cek di sini.

Karimah Iffia Rahman
Karimah Iffia Rahman Seorang ibu yang kini melanjutkan studi S2 jurusan Kebijakan Publik. Karya pertamanya yang berhasil diterbitkan berada dalam Buku Antologi Menyongsong Society 5.0. Sebagian pemasukan dari artikel berbayar pada blog ini disalurkan untuk pendidikan anak-anak yatim dan duafa. Untuk bekerjasama ataupun menjadi donatur pendidikan S2 yang sedang ditempuh, dipersilahkan menghubungi via iffiarahman@gmail.com

Posting Komentar untuk "Reksadana Pendapatan Tetap Digemari Banyak Investor? Ini Dia Alasannya!"